BengkuluBerita

Menelisik Keajaiban Bengkulu Dengan Warisan Alam, Sejarah, dan Budaya, Ada Juga Jenis Tumbuhan Yang Memecahkan Rekor Dunia

1430
×

Menelisik Keajaiban Bengkulu Dengan Warisan Alam, Sejarah, dan Budaya, Ada Juga Jenis Tumbuhan Yang Memecahkan Rekor Dunia

Sebarkan artikel ini
Bunga Rafflesia Bengkulu

Bengkulu – Bengkulu, sebuah provinsi yang terletak di barat daya Pulau Sumatera, Indonesia, menyimpan sejumlah kekayaan alam yang memukau. Salah satu daya tarik utamanya adalah keberadaan empat jenis tumbuhan yang memecahkan rekor dunia.

Mungkin kebanyakan orang hanya mengenal Bengkulu sebagai “the land of Rafflesia” atau tanahnya Rafflesia Arnoldi, bunga tunggal terbesar di dunia yang bisa mekar hingga lebar 2 meter.

Namun, selain Rafflesia Arnoldi, terdapat juga tiga jenis bunga langka lainnya yang tumbuh subur di tanah Bengkulu, yaitu Amorphophalus titanum, Amorphophalus gigas, dan Gramatophyllum specium.

Para wisatawan dapat menyaksikan keindahan bunga Rafflesia tersebut di beberapa wilayah di Bengkulu, seperti Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Bengkulu Utara.

Setiap bulan, hampir setiap daerah di Bengkulu memiliki jenis bunga Rafflesia yang berbeda yang sekaligus menambah keunikan dan daya tarik wisata alam provinsi ini.

Selain keindahan alamnya, Bengkulu juga memiliki nilai sejarah yang penting.

Kota ini memiliki hubungan erat dengan Bung Karno, Presiden Pertama Republik Indonesia.

Bung Karno pernah menjalani pengasingan di Bengkulu, dan jejak peninggalannya masih dapat ditemukan hingga kini, seperti rumah pengasingannya dan benteng peninggalan kolonial Inggris, Fort Marlborough.

Fort Marlborough, yang dibangun antara tahun 1714 hingga 1719 oleh Kerajaan Inggris Raya, merupakan benteng peninggalan terbesar Inggris di Asia Tenggara.

Awalnya berfungsi sebagai basis pertahanan militer, kini fort ini menjadi salah satu objek wisata sejarah yang menarik dengan pemandangan laut lepas biru yang memukau.

Selain Fort Marlborough, Bengkulu juga memiliki sejumlah pantai indah yang menarik wisatawan, seperti Pantai Panjang, Pantai Tapak Paderi, dan Pantai Jakat.

Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan pasir putih, laut biru, dan pepohonan pinus yang hijau.

BACA JUGA:  Kembangkan Kreativitas dan Keberanian Pada Anak, TK Negeri Pembina Amen Menggelar Family Gathering di Danau Picung

Bengkulu juga memiliki festival budaya yang menarik, yaitu Festival Budaya Tabot, yang digelar setiap tahun pada bulan Muharram.

Batik Besurek Bengkulu,Khas

Festival ini merupakan perayaan yang unik dan kolosal, memadukan unsur budaya lokal dengan ritual keagamaan.

Bagi yang ingin membawa pulang kenangan khas Bengkulu, Batik Basurek adalah pilihan yang tepat.

Batik ini merupakan kain tradisional khas Bengkulu yang memadukan motif kaligrafi Arab dengan simbol-simbol lokal, seperti Rafflesia.

Selain itu, Red Raflesia Bengkulu, sebuah jenis batu akik langka, juga menjadi oleh-oleh yang dicari banyak wisatawan karena keunikan warna dan bentuk kristalnya yang mirip dengan bunga Rafflesia.

Batu Akik Red Rafflesia Bengkulu

Dengan kekayaan alam, sejarah, dan budayanya yang unik, Bengkulu menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya.

Selamat menikmati keajaiban alam dan keindahan budaya Bengkulu!