BeritaBerita UtamaInternasional

Sungai di Malaysia Mengering, Di Supermarket Warga Borong Air Minum

469
×

Sungai di Malaysia Mengering, Di Supermarket Warga Borong Air Minum

Sebarkan artikel ini

TIRTAPOS.COM – Dampak bendungan terbesar di Malaysia mulai mengering, tepatnya dialiran sungai muda serta hanya bisa menyediakan air untuk 4 bulan kedepan, Warga mulai memborong air mineral.

Aksi panic buying beredar di media sosial tampak warga Malaysia ramai-ramai memborong air minum di sejumlah supermarket.

Akibatnya, warga mengantri untuk membeli air minum itu hingga mengular bahkan stok air minum di sejumlah supermarket habis terjual.

BACA JUGA:  PPK Wajib Sosialisasikan Long Form SP2020 Kepada ASN Di Instansi Masing-masing

Dikutip dari The Star, Minggu (21/5/2023) warga terlihat memborong air minum karena merasa harus mengamankan persediaan. Mereka merasa harus memiliki air minum yang cukup dan untuk menjaga kebersihan diri. Setidaknya hingga masalah yang ada selesai.

Presiden Penang Water Watch Dr Chan Ngai Weng mengungkap kondisi kekeringan di Malaysia sebagai alarm. Ia mengatakan kebutuhan air di Malaysia meningkat.

“Penggunaan air harian per kapita Penang melonjak hingga di atas 300 liter tahun lalu, tertinggi di negara ini. Tarif harus dinaikkan untuk mengendalikan pemborosan air,” kata Chan.

BACA JUGA:  Jadi Predator Anak Pedagang Tahu Bulat Goreng Dadakan Asal Jabar Ditangkap Polisi

Chan menilai seharusnya ada peringatan otomatis ketika gerbang bendungan terbuka. Namun, bendungan air di Sungai Muda terbuka sendiri karena ada sensor yang salah.

“Seharusnya juga ada peringatan merah umum yang dikirim ke setiap tingkat otoritas di Penang dan Kedah begitu permukaan air Sungai Muda turun di bawah level tertentu,” katanya.