ArtikelBeritaNasionalOlahraga

Prestasi Gemilang Timnas Basket Putri Indonesia Berhasil Raih Emas SEA Games 2023

246
×

Prestasi Gemilang Timnas Basket Putri Indonesia Berhasil Raih Emas SEA Games 2023

Sebarkan artikel ini
Prestasi Gemilang Timnas Basket Putri Indonesia Berhasil Raih Emas SEA Games 2023
Prestasi Gemilang Timnas Basket Putri Indonesia Berhasil Raih Emas SEA Games 2023

TIRTAPOS.COM – SEA Games telah berlangsung selama 46 tahun, dan pada edisi tahun 2023 ini, Timnas Basket Putri Indonesia berhasil meraih medali emas. Keberhasilan ini merupakan yang pertama bagi Indonesia dalam sejarahnya di ajang ini.

Timnas Indonesia menunjukkan performa yang luar biasa dalam format round robin dengan catatan sempurna 6-0. Mereka berhasil mengalahkan tiga mantan juara, yaitu Malaysia, Thailand, dan Filipina yang merupakan juara bertahan dua edisi sebelumnya.

Menariknya, liga basket putri di Indonesia telah tidak aktif sejak tahun 2016. Hal ini membuat klub-klub putri nasional hanya berpartisipasi dalam beberapa turnamen pendek di dalam negeri.

Namun, meskipun situasi ini terjadi, Timnas Putri tetap berhasil mempersiapkan diri dengan baik menjelang SEA Games 2023.

BACA JUGA:  Menjadi Tersangka Perjudian Status HA Sebagai Kades Tergantung Pada Pemerintah

Dalam persiapan mereka, Timnas Putri Indonesia telah membentuk tim dan melakukan pemusatan latihan jangka panjang sejak tanggal 12 September 2022.

Dalam proses ini, mereka mendapatkan bantuan dari sosok yang berpengalaman di dunia basket, yaitu Christopher Tanuwidjaja.

Christopher Tanuwidjaja mampu menghadirkan ilmu dari dua pelatih Amerika Serikat yang berpengalaman melatih pemain NBA, yaitu Chris Matthews dan Blair O’Donovan.

BACA JUGA:  Terpilih Secara Aklamasi "Deston Nusantara" Resmi Nahkodai KONI Lebong Periode 2022-2026

Sejak bulan September 2021, Timnas Putri Indonesia dipimpin oleh pelatih disiplin tinggi asal Taiwan, Shopie Lin. Keberadaan pelatih ini memberikan pengaruh yang positif bagi perkembangan timnas putri.

Selain itu, kekuatan Timnas Indonesia semakin bertambah dengan adanya dua pemain naturalisasi, yaitu Kimberley Pierre-Louis dan Peyton Whitted. Namun, keberhasilan timnas ini tidak hanya bergantung pada kedua pemain tersebut.

Pada pertandingan melawan Filipina misalnya, pencetak skor tertinggi untuk Timnas Indonesia adalah seorang center asal Semarang bernama Yuni Anggraeni.

BACA JUGA:  Pertarungan Sengit !! Kontingen Taekwondo Bengkulu Utara Sabet 74 Mendali Emas

Hal ini menunjukkan bahwa meskipun tanpa adanya liga, Timnas Putri Indonesia tetap mampu menghasilkan pemain-pemain yang berkualitas.

Bahkan, banyaknya pasokan pemain untuk Timnas berasal dari kompetisi pelajar terbesar di Indonesia, yaitu DBL.

Dalam Timnas Putri yang meraih emas SEA Games 2023, terdapat 8 dari 12 pemain yang merupakan alumni dari kompetisi DBL.

BACA JUGA:  Vonis Banding Ferdy Sambo, Majelis Hakim Kuatkan Putusan PN Jakarta Selatan "Tetap Hukuman M4t1"

Keberhasilan Timnas Basket Putri Indonesia dalam meraih emas SEA Games 2023 menjadi bukti bahwa meskipun liga basket putri tidak aktif, produksi pemain untuk Timnas terus berjalan dengan baik.

Diharapkan prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi pengembangan basket putri di Indonesia ke depannya. (**)