Aplikasi Merdeka Belajar

BENGKULU, TIRTAPOS.com – Sebuah Aplikasi yang diwajibkan bagi guru untuk mengunduh, berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada tanggal 19 April 2022 lalu. Yang mana SE itu ditujukan untuk seluruh guru di Indonesia, agar mengunduh dan login pada aplikasi Merdeka Mengajar.

Adapun seluruh guru di Indonesia tersebut mulai dari guru PAUD, TK, SD, SMP, SMA/SMK diwajibkan untuk mengunduh Aplikasi Merdeka Mengajar.

Perintah ini disampaikan secara resmi melalui surat edaran yang di sampaikan langsung oleh Kemendikbud Ristek RI di Jakarta kepada guru di Indonesia.

Dimana, dalam Aplikasi Merdeka Belajar ini terdapat fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru-guru dalam memaksimalkan proses mengajarnya saat di kelas.

Lebih lanjut SE tersebut, bagi Kepala Sekolah maupun Guru dalam satuan pendidikan yang belum mendaftar Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), pemerintah menghimbau untuk tetap harus mengembangkan diri serta kompetensi setiap guru dengan cara memanfaatkan Platform Merdeka Belajar.

Seperti diantaranya yakni beberapa fitur untuk Pelatihan Mandiri, asesmen murid, Unggah Bukti Nyata, dan perangkat ajar.

Untuk aplikasi Merdeka Mengajar ini, guru dapat mendownloadnya langsung melalui Playstore.

Perihal aplikasi Merdeka Mengajar ini sendiri memiliki banyak fitur-fitur yang  dapat mendukung program belajar mengajar guru dan dapat mengaksesnya dengan cara-cara berikut ini:

1. Log In

Hal pertama yang harus dilakukan oleh guru setelah selesai mendownload aplikasi Merdeka Mengajar adalah melakukan login dengan akun belajar.

Sehingga guru log in dengan akun belajar yang guru sudah ketahui masing- masing dan sudah ditautkan ke SIMPKB.

2. Fitur

Selanjutnya, setelah berhasil log in di Aplikasi Merdeka Belajar, akan ada beberapa menu yang tampil seperti video inspirasi, pelatihan mandiri, bukti karya, asesmen murid serta perangkat ajar.

Semua fitur-fitur yang ada disana dapat dimanfaatkan oleh guru secara maksimal dalam pengajaran.

3. Menyaksikan Video

Selanjutnya, hal perlu dilakukan Anda yaitu menyaksikan video implementasi kurikulum merdeka. Yang ada di salah satu fitur di aplikasi.

Selain itu guru juga harus melihat video inspirasi yang ada di dalam fitur aplikasi tersebut. Terdapat banyak video inspirasi yang harus guru tonton sebagai pemahaman dalam Kurikulum Merdeka.

Itu juga yang harus dilakukan oleh guru sekolah dan Kepala Sekolah yang memilih untuk Mandiri Belajar.

Seperti diketahui bahwa Mandiri Belajar yaitu guru terlebih dahulu mempelajari hakikat dari Kurikulum Merdeka untuk dapat diterapkan saat mengajar.

4. Pelatihan Mandiri

Kemudian, guru juga akan diminta untuk mengikuti pelatihan mandiri di bagian halaman awal aplikasi yang ada di dalam fitur Merdeka Mengajar.

Nantinya guru akan diminta untuk mempelajari asesmen dan perangkat Kurikulum Merdeka.

Selain itu, guru juga akan diminta untuk mempelajari beberapa kumpulan soal-soal yang terkait dengan implementasi Kurikulum Merdeka, dan perangkat ajar yang dapat digunakan oleh guru.

5. Bukti Karya

Dalam fitur bukti karya ini termasuk didalamnya terdapat contoh-contoh nyata yang dapat diikuti guru.

Nantinya juga guru akan diberikan contoh mengenai video-video praktek yang sudah dilakukan oleh guru-guru lain. (tp)

Print Friendly, PDF & Email

Check Also

Truk Tangki Terguling 12 Ton Zat Kimia Berbahaya Tumpah ke Jalan

BANTEN, TIRTAPOS.com – Kecelakaan tunggal truk muatan 12 ton cairan hydrochloric (Hcl) terjadi di Jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

.