BeritaJakartaNasionalPendidikan

Pelatihan Latsitarda Nusantara, Kapolri Ungkap Peran Penting Soliditas dan Sinergisitas Hadapi Persoalan Bangsa

439
×

Pelatihan Latsitarda Nusantara, Kapolri Ungkap Peran Penting Soliditas dan Sinergisitas Hadapi Persoalan Bangsa

Sebarkan artikel ini
Pelatihan Latsitarda Nusantara, Kapolri Ungkap Peran Penting Soliditas dan Sinergisitas Hadapi Persoalan Bangsa
Pelatihan Latsitarda Nusantara, Kapolri Ungkap Peran Penting Soliditas dan Sinergisitas Hadapi Persoalan Bangsa

JAKARTA –  Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menghadiri acara pembukaan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke-43 tahun 2023 di Sumatera Barat. Tema dari acara ini adalah ‘Latsitarda Nusantara XLIII (43)/2023 Menuju Sumatera Barat Unggul’. Jumat 19 Mei 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolri menekankan bahwa Latsitarda Nusantara merupakan kegiatan latihan yang melibatkan peserta dari TNI, Polri, IPDN, Politeknik Siber, serta mahasiswa dan mahasiswi di wilayah Sumatera Barat.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat integrasi dan sinergi antara semua peserta dalam menjalankan berbagai macam kegiatan yang telah disiapkan. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk masyarakat, terutama di wilayah Sumatera Barat, baik dalam bentuk kegiatan fisik maupun non-fisik.

BACA JUGA:  Seluruh Tukin Untuk Bangun Sekolah Gratis, Bripka Heri Prasetyo Dapat Penghargaan Luar Biasa Dari Kapolri

Kapolri yang sebelumnya menjabat sebagai Kabareskrim Polri juga berharap agar sinergisitas dan soliditas dapat terjalin baik antara semua pihak yang terlibat, baik itu TNI, Polri, IPDN, lembaga Politeknik Siber, mahasiswa, maupun masyarakat.

Ia berharap peserta Latsitarda Nusantara dapat benar-benar merasakan pentingnya soliditas dan sinergisitas, terutama dalam menghadapi berbagai persoalan bangsa yang semakin kompleks di masa depan.

Dalam pandangannya, Kapolri menyebutkan bahwa sinergisitas dan soliditas yang kuat antar stakeholder telah terbukti saat menghadapi pandemi Covid-19. Dengan adanya kerja sama yang baik antara berbagai pihak, termasuk TNI, Polri, dan masyarakat, Indonesia berhasil melewati masa sulit tersebut dengan baik.

BACA JUGA:  Soal Coretan di Polres Luwu, Kapolri Sudah Instruksikan Kadiv Propam untuk Dalami

Saat ini, Indonesia menghadapi ketidakpastian ekonomi global yang membutuhkan soliditas dan sinergisitas yang lebih kuat. Selain itu, Indonesia juga akan menghadapi tahapan tahun pemilu di masa depan, yang memerlukan persatuan, kesatuan, soliditas, dan sinergisitas yang tinggi. Meskipun terdapat perbedaan pendapat, penting untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan dalam menentukan calon pemimpin nasional.

Oleh karena itu, Kapolri menyatakan bahwa Latsitarda memiliki peran penting dalam meningkatkan rasa soliditas, sinergisitas, persatuan, dan kesatuan dalam rangka menjaga keutuhan bangsa dan negara. Peserta Latsitarda diharapkan dapat menjadi pemimpin-pemimpin bangsa dan negara di masa depan.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, Latsitarda Nusantara ke-43 tahun 2023 di Sumatera Barat akan menjadi momen penting dalam memperkuat kohesivitas dan kerja sama antara seluruh peserta. Selama kegiatan ini, mereka akan diajarkan untuk bekerja secara kolaboratif, menghargai perbedaan, dan menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan.

BACA JUGA:  YEVI MULYADI: Media Berperan Penting Dalam Mengawal Pembangunan Daerah

Kegiatan Latsitarda Nusantara juga dianggap relevan dalam menghadapi tantangan-tantangan yang dihadapi bangsa saat ini dan di masa depan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia telah menghadapi berbagai persoalan kompleks, seperti pandemi Covid-19 dan ketidakpastian ekonomi global. Dalam menghadapi situasi seperti ini, soliditas dan sinergisitas menjadi kunci utama dalam mencapai kesuksesan. (**)