BeritaJambiNasionalPeristiwa

Ini Sosok Prajurit Kopasgat TNI AU Yang Bertaruh Nyawa Gelantungan di Tandu Kapolda Jambi

490
×

Ini Sosok Prajurit Kopasgat TNI AU Yang Bertaruh Nyawa Gelantungan di Tandu Kapolda Jambi

Sebarkan artikel ini
Kopda Ahmad Novrizal Prajurit Kopasgat TNI AU Yang Ikut Di Tandu Kapolda Jambi Saat Proses Evakuasi
Kopda Ahmad Novrizal Prajurit Kopasgat TNI AU Yang Ikut Di Tandu Kapolda Jambi Saat Proses Evakuasi

JAMBI – Proses evakuasi Kapolda Jambi, Irjen Pol. Rusdi Hartono, pada Selasa, 21 Februari 2023, yang dilakukan oleh prajurit Kopasgat TNI AU dengan menggunakan Helikopter Super Puma H-3211 milik TNI Angkatan Udara, menjadi peristiwa yang sangat dramatis. Yang mana, hal tersebut disebabkan oleh angin yang berubah-ubah dan berhembus sangat kencang, sehingga tandu yang ditempati oleh Kapolda Jambi, terlihat berputar-putar saat berada di udara.

Meskipun di awal proses evakuasi tandu terlihat stabil, namun tengah perjalanan tandu Kapolda Jambi terlihat berputar dengan cepat karena hembusan angin di atas sangat kencang. Dari video yang beredar terlihat seorang prajurit Kopasgat bergelantungan dan mempertaruhkan nyawanya demi mengawal tandu Kapolda Jambi itu.

Keberanian dan keuletan dari prajurit Kopasgat TNI AU ini pun menjadi viral di berbagai lini media sosial. Lantas siapa sebenarnya sosok prajurit Kopasgat TNI AU yang berhasil mengevakuasi Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono dengan cara bergelantungan di tali sling tersebut?

Dari informasi yang dihimpun pada Rabu, 22 Februari 2023, sosok prajurit pemberani tersebut adalah Kopda Ahmad Novrizal.

Kopda Ahmad Novrizal merupakan prajurit Pasukan Gerak Cepat (Pasgat) yang bertugas di Batalyon Komando (Yonko) 462 Pulanggeni yang bermarkas di Pekanbaru, Riau. Dia terlibat dalam tim SAR dan evakuasi kecelakaan helikopter Polda Jambi bersama enam prajurit Pasgat lainnya yang dikomandani oleh Letkol Pas Junaidi.

Total prajurit Kopasgat TNI AU yang terlibat dalam proses evakuasi rombongan Kapolda Jambi tercatat sebanyak tujuh orang. Mereka bergabung dengan Tim SAR gabungan Basarnas dan Polri dengan membawa satu unit helikopter Super Puma H-3211 milik Lanud Atang Sendjaja yang diterbangkan dari Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau sejak Senin lalu.

BACA JUGA:  Jet Tempur Impian Republik Indonesia Dan Realitas Fiskal Yang Tidak Bersahabat

Helikopter H-3211 TNI AU diawaki oleh Mayor Pnb M.Ravi Rakasiwi, Kapten Pnb Surya Mega, Kapten Tek A.A. Gefe Putra, Letda Omb Wisnu Dwi Prakiso, Serma Heru Tritanti, Serka Julpan Palapa, Pratu M.A. Taqwa, dan Prada Tri Wahyu.

Sementara tim SAR Kopasgat yang ikut terlibat dalam proses evakuasi rombongan Kapolda Jambi terdiri dari Letkol Pas Junaidi, Sertu Evis Lukman, Sertu Al Azhar, Kopda Firmanullah, Kopda Ahmad Novrizal, Praka Demil, dan Prada Yonsan.