AdvertorialBeritaLebong

Kabupaten Lebong Raih Penghargaan Prestisius dari Presiden RI, Terbaik di Sumatera dalam SPBE 2024

556
×

Kabupaten Lebong Raih Penghargaan Prestisius dari Presiden RI, Terbaik di Sumatera dalam SPBE 2024

Sebarkan artikel ini
Kabupaten Lebong Raih Penghargaan Prestisius dari Presiden RI, Terbaik di Sumatera dalam SPBE 2024
Kabupaten Lebong Raih Penghargaan Prestisius dari Presiden RI, Terbaik di Sumatera dalam SPBE 2024

Lebong – Pemerintah Kabupaten Lebong kembali mencatatkan prestasi gemilang, kali ini dalam bidang digitalisasi melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Besok pagi, Bupati Lebong, Kopli Ansori S.Sos, akan menerima penghargaan langsung dari Presiden RI, Joko Widodo, di Istana Negara. Kabupaten Lebong menjadi satu dari 65 Kementerian/Lembaga/Daerah (K/L/D) yang menerima penghargaan atas peningkatan indeks SPBE yang signifikan.

Yang membanggakan, Kabupaten Lebong adalah satu-satunya kabupaten di Sumatera yang meraih predikat ini. Secara umum, penghargaan ini didominasi oleh kabupaten dan kota di Pulau Jawa yang memiliki infrastruktur telekomunikasi dan sumber daya manusia yang lebih maju.

Kepala Dinas Kominfo SP Kabupaten Lebong, Danial Paripurna, melalui Kabid Egov SP, Widian Mantabes S.Kom, dan Kabid IKP, Gunaidi, SE, M.Ak, menyatakan bahwa penghargaan ini diraih berkat proses panjang di bawah kepemimpinan Bupati Kopli Ansori.

Pada tahun 2021-2022, fokus utama adalah pembangunan jaringan telekomunikasi dengan membangun enam unit Base Transceiver Station (BTS) yang tersebar di seluruh kabupaten. Pada tahun 2023, fokus beralih ke digitalisasi, baik di sektor pemerintahan melalui SPBE, maupun di sektor swasta dengan melanjutkan program wifi publik.

“Alhamdulillah, kini kami mulai menuai hasilnya,” ujar Widian, didampingi Gunaidi. Widian menambahkan bahwa keberhasilan ini tak lepas dari integrasi sistem digitalisasi pemerintahan Kabupaten Lebong melalui Dinas Kominfo SP, serta kerjasama intensif dengan Kemen Kominfo, PT Telkom, dan jaringan berita nasional.

BACA JUGA:  Atasi Permasalahan Sosial Di Kabupaten Lebong, Bupati: Dinas Sosial Harus Bekerja Sama Dengan Stakeholder

Ke depan, indeks SPBE Kabupaten Lebong ditargetkan meningkat dari 2,9 menjadi di atas 3 poin sesuai Perjanjian Kinerja Kepala Dinas dengan Bupati Lebong.

“Kami bergerak dari angka 1, kemudian 2, dan seterusnya menjadi 3 koma basis poin. Berkat dukungan pimpinan, kami yakin dan percaya,” tandas Widian.

Penghargaan yang akan diberikan oleh Presiden RI ini bertajuk “SPBE Summit 2024 dan Peluncuran GovTech Indonesia” yang akan berlangsung di Istana Negara pada Senin, 27 Mei 2024, dan diinisiasi oleh Kemen PAN RB.

BACA JUGA:  President Jokowi Appointed as UN Champions Group Member

Acara ini akan dihadiri oleh 58 Bupati, 25 Walikota, dan 38 Gubernur, selain Kementerian/Lembaga di tingkat pusat. Namun, hanya 65 daerah yang akan menerima penghargaan dalam berbagai kategori.

Yang istimewa, Kabupaten Lebong menjadi satu-satunya wakil dari Pulau Sumatera di acara bergengsi ini. Prestasi ini menjadi bukti nyata bahwa dengan kerja keras dan kolaborasi yang baik, Kabupaten Lebong mampu bersaing di kancah nasional dalam bidang digitalisasi pemerintahan. (RD)