AdvertorialBeritaLebongPertanian

Sukseskan Program Musim Tanam Ke-2 Tahun 2023, Bupati Lebong Serahkan 78 Unit Handtracktor

3783
×

Sukseskan Program Musim Tanam Ke-2 Tahun 2023, Bupati Lebong Serahkan 78 Unit Handtracktor

Sebarkan artikel ini
Sukseskan Program Musim Tanam Ke-2 Tahun 2023, Bupati Lebong Serahkan 78 Unit Handtracktor

LEBONG – Bupati Lebong, Kopli Ansori, secara simbolis menyerahkan 78 unit handtracktor yang dipinjamkan kepada pemerintah desa/kelurahan untuk mendukung program Musim Tanam Ke-2 (MT2) tahun 2023. Penyerahan dilakukan di halaman Kantor Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lebong sekitar pukul 13.30 WIB, pada Kamis (27/4/2023).

Bupati Kopli menyerahkan handtracktor tersebut saat rapat teknis Persiapan Pengelolahan Lahan dan Pendistribusian Handtraktor dalam Program Peningkatan Indeks Pertanaman Tahun 2023.

Rapat dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lebong, Komisi III DPRD Lebong, para pejabat di lingkungan Pemkab Lebong, camat, serta kades/lurah yang akan mengikuti program MT2 tahun 2023.

Bupati Kopli berharap pinjam pakai 78 unit handtracktor tersebut bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan produksi padi petani sekaligus mensukseskan program MT2 tahun 2023.

Setelah handtracktor tersebut diserahkan, pemerintah desa/kelurahan diharapkan mendorong petani melalui kelompok tani maupun gabungan kelompok tani untuk memulai proses pengolahan lahan.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lebong, Hedi Parindo, menyebutkan bahwa total handtracktor milik Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lebong mencapai 88 unit.

Dari jumlah tersebut, 10 unit sudah dipinjamkan kepada pemerintah desa/kelurahan sejak tahun lalu. Tahun ini, 78 unit handtracktor dipinjamkan kepada 50 desa/kelurahan yang sudah terdaftar atau menyerahkan data jumlah lahan sawah yang akan mengikuti program MT2.

Hedi menegaskan bahwa handtracktor yang dipinjamkan ini tidak boleh disewakan karena dipinjamkan secara gratis untuk membantu petani agar dapat melaksanakan program MT2 secara maksimal.

Pihak Dinas Pertanian dan Perikanan akan melakukan pengawasan dan pendampingan secara berkesinambungan dalam pelaksanaan program MT2 tahun 2023, termasuk dalam hal penggunaan handtracktor yang sudah dipinjamkan tersebut. (RD)

BACA JUGA:  Verifikasi Tuntas, SEKDA: APBD 2023 Bisa Berjalan Awal Tahun