Example floating

Example floating
ArtikelBengkuluBerita UtamaPeristiwa

Apa Itu Prilaku Self Harm ?  Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

11621
×

Apa Itu Prilaku Self Harm ?  Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
Foto Ilustrasi

BENGKULU – Self harm atau yang juga dikenal dengan istilah melukai diri sendiri adalah perilaku yang dilakukan dengan sengaja untuk menyakiti atau merusak tubuh seseorang. Perilaku ini dapat berupa tindakan fisik seperti memotong kulit, membakar diri, memukul atau memukul diri sendiri, menggoreskan diri dengan benda tajam, dan sebagainya.

Selain itu, perilaku ini juga dapat berupa tindakan non-fisik seperti mengonsumsi obat-obatan terlarang atau alkohol dalam jumlah yang berlebihan, atau menolak untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah yang cukup.

Self harm bukanlah suatu penyakit mental, namun dapat menjadi gejala dari beberapa kondisi mental seperti depresi, gangguan kecemasan, gangguan bipolar, atau gangguan kepribadian borderline.

Orang yang melakukan self harm seringkali mengalami kesulitan untuk mengungkapkan emosi atau rasa sakit secara verbal, sehingga perilaku ini menjadi cara mereka untuk meredakan ketegangan atau ketidaknyamanan yang mereka rasakan.

BACA JUGA:  Bermalam di Bengkulu, Presiden Kunjungi Festival Tabut 2023

Meskipun self harm dapat memberikan rasa lega atau mengurangi ketegangan pada saat itu, namun pada akhirnya perilaku ini dapat memperburuk kondisi psikologis seseorang.

Selain itu, self harm juga dapat menyebabkan komplikasi fisik seperti luka bakar, infeksi, atau bahkan membahayakan nyawa.

Berikut  beberapa penyebab mengapa seseorang melakukan perilaku self harm.

Simak Juga Artikel Lainnya di