Example floating

Example floating
BeritaLebong

Ini Cara Cek Nama Kamu Sudah Terdaftar Di DPT Apa Belum, Berikut Caranya

304
×

Ini Cara Cek Nama Kamu Sudah Terdaftar Di DPT Apa Belum, Berikut Caranya

Sebarkan artikel ini
Ketua KPU Kabupaten Lebong, Shalahuddin Al Khidhr

LEBONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) di seluruh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia telah melakukan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. KPU Kabupaten Lebong mengimbau masyarakat untuk mengecek apakah data diri mereka sudah masuk dalam Daftar Pemilihan Tetap (DPT) atau belum.

Ketua KPU Kabupaten Lebong, Shalahuddin Al Khidhr, menjelaskan bahwa pengecekan dapat dilakukan secara online melalui laman resmi https://cekdptonline.kpu.go.id/. Tujuan dari pengecekan ini adalah untuk memastikan bahwa masyarakat dapat mengikuti Pemilihan Umum 2024.

Jika setelah pengecekan, data diri seseorang belum terdaftar, Khidhr mengharapkan warga untuk segera melapor ke KPU Lebong atau PPK Kecamatan, PPS di Kelurahan/Desa, atau ke Pantarlih.

Hal ini dilakukan agar seluruh masyarakat, terutama di Kabupaten Lebong, dapat memberikan hak pilih mereka dalam Pemilihan Umum dan Pilkada 2024 mendatang.

BACA JUGA:  Polisi Dalami Peristiwa Kebakaran di Kantor KPU Distrik Dekai Papua, Kabid Humas: Warga Diminta Tetap Tenang

Untuk mengecek apakah nama seseorang sudah terdaftar di Daftar Pemilihan Tetap (DPT) Pemilu 2024 atau belum, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke laman https://cekdptonline.kpu.go.id/
  2. Di halaman awal portal, terdapat dua kolom yang bersebelahan, yaitu Pencarian Data Pemilih dan Rekapitulasi Data Pemilih.
  3. Klik menu Pencarian yang ada di bawah kolom Tanggal Lahir.
  4. Setelahnya, akan muncul data yang mencakup Nama Pemilih, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (NKK), dan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pastikan bahwa seluruh data diri yang tercantum sudah benar.
  5. Klik “Pencarian”.
  6. Jika seseorang sudah terdaftar, maka akan muncul nama dan TPS sesuai data yang telah dimasukkan.
  7. Namun, jika data seseorang tidak terdaftar, maka akan ada peringatan yang mengatakan, “Data yang Anda masukkan keliru/belum terdaftar!”.
Simak Juga Artikel Lainnya di