Penyaluran BLT-DD Oleh Pemerintah Desa Tik Teleu

TIRTAPOS.com – Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) telah disalurkan kepada masyarakat untuk tahap yang kedua yaitu bulan Arpil – Juni.

Penyaluran BLT ini bertempat di Aula Balai Desa Tik Teleu Kecamatan Lebong Utara Kabupaten Lebong, Bengkulu, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Sabtu 9 Juni 2022.

Bantuan rupiah yang diberikan kepada masyarakat tetap sama seperti tahap 1 yaitu sebesar Rp 300.000 per bulan.

Bantuan ini bertujuan untuk membantu ekonomi masyarakat, kepada 84 warga miskin, orang tua jompo dan kepala keluarga yang sakit-sakitan sehingga tidak bisa bekerja untuk menafkahi keluarganya.

Berdasarkan permendes  nomor 6 tahun 2020, ditegaskan bahwa sasaran penerima Bantuan Langsung Tunai adalah keluarga miskin yang bukan penerima manfaat PKH (Program Keluarga Harapan) dan juga penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Mereka ini adalah orang miskin baru. Antara lain karena kehilangan mata pencaharian, orang miskin yang belum terdata dan orang yang mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis.

BLT ini merupakan salah satu bantuan yang diberikan dalam upaya menekan dampak pandemi covid-19 terutama bagi warga kurang mampu dan terdampak Covid-19 yang belum tersentuh bantuan dari pusat.

Pemerintah Desa Tik Teleu melaksanakan penyaluran BLT-DD Tahap 2 Tahun Anggaran 2022, kegiatan ini dilaksanakan oleh Aparatur Desa Tik Teleu dan dipantau oleh Tim Kecamatan serta didampingi oleh babinsa,bhabinkamtibmas serta unsur tripika lainnya.

Kehadiran Tim Kecamatan di setiap penyaluran BLT dimaksudkan untuk memonitoring secara langsung dan memastikan dalam penyaluran BLT-DD sudah sesuai aturan yang ada serta tidak ada pemotongan apapun.

Di Desa Tik Teleu sendiri jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT Dana Desa ditahun 2022 berjumlah 84 KPM.

Penyaluran Tahap II diperuntukan untuk bulan April, Mei dan Juni dengan nominal sebesar Rp 300.000 perbulan sehingga yang diterimakan total Rp. 900.000 per KPM.

Mekanisme didalam penyaluran BLT Dana Desa ini masih sama seperti tahun sebelumnya. Kegiatan ini berjalan lancar dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid 19.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Januwarman, S.Pt selaku Pejabat Sementara Kepala Desa Tik Teleu, dalam pembukaannya Kepala Desa Tik Teleu menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan, serta tetep berwaspada dan selalu menjaga kesehatan dikondisi saat ini.

”Para penerima BLT-DD sesaui himbauan dari Pemerintah diwajibkan sudah vaksin. Dengan cairnya BLT-DD semoga bisa membantu warga masyarakat dan dapat meringankan beban warga masyarakat Desa Tik Teleu,” imbuh Januwarman

Semoga bantuan ini bermanfaat bagi yang menerimanya. Pungkasnya. (Red/Adv)

Print Friendly, PDF & Email

Check Also

Pelaku Masih Dibawah Umur Nekat Curi Sepeda Motor

Jajaran Reskrim Polsek Lebong Tengah Polres Lebong, berhasil mengamankan pelaku kejahatan pencuri sepeda motor (ranmor). …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!