BeritaLebong

Sinergi Kemanusiaan HD SMK dan Satgas BUMN Salurkan Bantuan Pasca Banjir Kabupaten Lebong

911
×

Sinergi Kemanusiaan HD SMK dan Satgas BUMN Salurkan Bantuan Pasca Banjir Kabupaten Lebong

Sebarkan artikel ini
Sinergi Kemanusiaan HD SMK dan Satgas BUMN Salurkan Bantuan Pasca Banjir Kabupaten Lebong

Lebong – Bencana banjir yang melanda Kabupaten Lebong pada Selasa (16/4) lalu telah menimbulkan dampak yang cukup signifikan bagi masyarakat di sepanjang aliran Sungai Ketahun Lebong. Menyikapi hal ini, Organisasi Harapan dan Doa Seluma, Manna, Kaur (HD SMK) bersama dengan Baznaz Kota Bengkulu dan Satgas BUMN Provinsi Bengkulu serta Lanal Bengkulu turut serta dalam upaya penyaluran bantuan kepada korban banjir.

Bantuan yang diberikan merupakan bentuk tanggapan darurat untuk membantu meringankan beban para warga yang terdampak langsung oleh banjir tersebut.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh PJ Wali Kota Bengkulu, Arif Gunadi, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum HD SMK Kota Bengkulu.

Bupati Lebong, Kopli Ansori, didampingi oleh Kapolres Lebong, AKBP Awilzan, dan Sekda Lebong, Mustarani Abidin, menerima bantuan tersebut sebagai perwakilan dari pemerintah setempat.

Arif Gunadi menyatakan keprihatinannya atas musibah yang menimpa Kabupaten Lebong, serta menyampaikan komitmen untuk terus membantu dalam proses pemulihan.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kopli Ansori mengapresiasi bantuan yang terus mengalir dari berbagai pihak, termasuk dari HD SMK dan Baznas Kota Bengkulu, Satgas BUMN Provinsi Bengkulu.

Ia juga mengingatkan pentingnya bantuan ini dalam membantu masyarakat mengatasi kesulitan pasca-banjir, terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan dasar seperti peralatan dapur.

Data yang dihimpun oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong mencatat bahwa sebanyak 2.712 warga terdampak langsung oleh banjir, dengan 195 unit rumah mengalami kerusakan.

Dari jumlah tersebut, 79 unit rumah mengalami kerusakan berat dan 116 unit mengalami kerusakan ringan, tersebar di 27 desa dan 2 Kelurahan di Kabupaten Lebong.

Selain kerusakan pada rumah, banjir juga mengakibatkan kerusakan pada infrastruktur dan fasilitas umum, serta pada tempat usaha.

BACA JUGA:  Optimisme Pertumbuhan Ekonomi, Bupati Lebong Hadiri RUPS Bank Bengkulu dan Pelantikan Direktur Baru

BPBD Lebong juga mencatat adanya kerusakan pada jalan provinsi dan tanah longsor di beberapa titik, yang semakin memperparah kondisi masyarakat yang terdampak.

Menghadapi kondisi tersebut, bantuan kemanusiaan dari berbagai pihak menjadi sangat penting untuk membantu masyarakat Kabupaten Lebong dalam proses pemulihan pasca-banjir, ucap Bupati

Semoga bantuan yang telah disalurkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi mereka yang terdampak, serta menjadi inspirasi bagi lebih banyak pihak untuk turut serta dalam upaya membantu sesama dalam situasi darurat seperti ini. (RD)