LEBONG, Tirtapos.com – Kawasan wisata Goa Kacamata yang terletak di Desa Lebong Tambang Kecamatan Lebong Utara Kabupaten Lebong diterjang bencana longsor, terjadi pada Selasa (18/1/2022) sekitar pukul 17.00 WIB sore, meski demikian peristiwa itu tidak memakan korban jiwa ataupun kerugian material lainnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebong, Fakhrurrozi melalui Kabid Pencegahan BPBD Lebong, Hendra Surya mengatakan, peristiwa tersebut dipicu akibat tingginya curah hujan diwilayah itu.

Yang mengakibatkan, labilnya permukaan tanah akibat diguyur hujan dengan itensitas tinggi dalam waktu yang lama.

Menurutnya, peristiwa ini terjadi saat hujan deras turun diwilayah itu, kemudian terdengar suara gemuruh yang cukup kencang.

Ketika diketahui, ternyata terjadi tanah longsor dengan material tanah bercampur batu dari atas gunung goa kacamata, kata Hendra

Dikatakan Hendra, tanah longsor ini kemungkinan terjadi akibat tanah tebing atas Goa Kacamata sudah tidak kuat menahan beban, sehingga terjadilah longsor itu.

Ia mengimbau, kepada masyarakat di sekitar Goa Kacamata ataupun wisatawan yang datang ke wisata Goa Kacamata agar berhati-hati, tidak menutup kemungkinan adanya longsor susulan, mengingat curah hujan yang turun di wilayah Kabupaten Lebong masih cukup tinggi. Demikian Hendra (**)

Check Also

Petugas Damar Mogok Kerja, Kebakaran Terjadi Di Talang Ulu

LEBONG, TIRTAPOS.com – Peristiwa kebakaran terjadi di Desa Talang Ulu Kecamatan Lebong Utara Kabupaten Lebong, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.