AdvertorialArtikelBengkulu UtaraBerita

DPRD BU: Raperda Pajak dan Retribusi Daerah Mendukung Peningkatan Pendapatan dan Pembangunan Daerah

636
×

DPRD BU: Raperda Pajak dan Retribusi Daerah Mendukung Peningkatan Pendapatan dan Pembangunan Daerah

Sebarkan artikel ini
Paripurna Pendapat Akhir Fraksi Terkait Raperda Tentang Pajak Dan Retribusi Daerah
Paripurna Pendapat Akhir Fraksi Terkait Raperda Tentang Pajak Dan Retribusi Daerah

BENGKULU UTARA – DPRD Kabupaten Bengkulu Utara pada tahun 2023 mengadakan rapat paripurna yang membahas Pendapat Akhir Fraksi terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pajak dan Retribusi Daerah. Rapat paripurna ini merupakan langkah penting dalam proses penetapan Raperda sebagai Peraturan Daerah (Perda) untuk meningkatkan pendapatan daerah melalui pungutan pajak dan retribusi.

Dalam rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Bengkulu Utara, Sonti Bakara, SH, serta dihadiri oleh Bupati Ir. H. Mian, pimpinan dan anggota DPRD menyampaikan apresiasi atas kedatangan Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Bengkulu Utara beberapa hari sebelumnya.

Kehadiran Presiden di daerah ini diharapkan akan membawa dampak positif untuk pembangunan infrastruktur, termasuk jalan dan pasar Purwodadi yang mengalami kerusakan akibat kebakaran beberapa tahun 2021 lalu, kata Sonti Bakara, SH saat memimpin Rapat Paripurna.

Salah satu agenda rapat paripurna adalah penyampaian pendapat akhir fraksi terhadap Raperda Pajak dan Retribusi Daerah. Beberapa fraksi seperti PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra, NasDem, PAN, De Asen Utara, dan Nurani Sejahtera menyatakan dukungannya terhadap Raperda ini menjadi Perda.

Mereka sepakat bahwa Raperda Pajak dan Retribusi Daerah menjadi instrumen penting untuk meningkatkan pendapatan daerah dan mendukung pembangunan lebih lanjut.

Fraksi-fraksi tersebut setuju dengan Raperda karena mengakui pentingnya pajak dan retribusi sebagai sumber pendapatan yang dapat digunakan untuk membiayai berbagai program pemerintah daerah.

Selain itu, ada catatan dari Fraksi Gerindra terkait masalah keluhan warga mengenai kenaikan tarif pembayaran air yang perlu diperhatikan oleh PDAM Tirta Ratu Samban.

Bupati Ir. H. Mian juga memberikan ucapan terima kasih atas persetujuan Raperda oleh seluruh anggota DPRD dan fraksi-fraksi yang ada. Meskipun pembahasannya sempat mengalami beberapa tantangan, hal tersebut bertujuan untuk menyempurnakan Raperda agar dapat memberikan manfaat yang optimal bagi kemajuan daerah.

BACA JUGA:  Vonis 12 Tahun Penjara Untuk Kakek Terdakwa Kasus Asusila Pada Cucu Tirinya

Bupati berharap bahwa dengan disahkannya Raperda Pajak dan Retribusi Daerah sebagai Perda, akan menjadi acuan dalam pelaksanaan pemungutan dan pengelolaan pajak daerah dan retribusi daerah.

Selain itu, Raperda ini diharapkan dapat membawa peningkatan anggaran pendapatan daerah yang pada akhirnya akan berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah secara keseluruhan.

Dengan adanya Perda tentang Pajak dan Retribusi Daerah ini, diharapkan pula dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membantu pemerintah daerah mencapai tujuan pembangunan yang lebih baik dan berkelanjutan.

Keputusan rapat paripurna ini merupakan langkah maju yang signifikan untuk memajukan Kabupaten Bengkulu Utara ke arah yang lebih baik. (AR1)