AdvertorialBengkulu UtaraBerita

Ir H Mian: Sinergi Pemerintah dan Masyarakat Adalah Kunci Utama Pencegahan Korupsi

824
×

Ir H Mian: Sinergi Pemerintah dan Masyarakat Adalah Kunci Utama Pencegahan Korupsi

Sebarkan artikel ini
Ir H Mian: Sinergi Pemerintah dan Masyarakat Adalah Kunci Utama Pencegahan Korupsi

Bengkulu Utara – Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian, turut serta dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pemberantasan Korupsi di Provinsi Bengkulu yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Acara ini berlangsung di Ballroom Hotel Grage Horizon Bengkulu pada Kamis 31 Agustus 2023.

Rakor ini merupakan upaya serius dalam meningkatkan efektivitas upaya pemberantasan korupsi di Provinsi Bengkulu.

KPK bersama dengan berbagai pemangku kepentingan menyelenggarakan kegiatan Roadshow Bus KPK 2023 dengan tema “Jelajah Negeri, Bangun Antikorupsi” sebagai bagian dari inisiatif ini.

Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian, dalam kesempatan tersebut menyampaikan pentingnya upaya pencegahan tindak pidana korupsi dan pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel.

BACA JUGA:  Puluhan Komunitas MAPAN Menggelar Demo di Depan Kantor Pemkab BU dan DPRD, Tuntut Mundur Pejabat Tak Bisa Bekerja

Hal ini menjadi kunci dalam mewujudkan tata pemerintahan yang bersih (clean governance) dan tata pemerintahan yang baik (good governance).

Beliau juga menegaskan bahwa upaya pencegahan korupsi bukanlah tanggung jawab yang hanya harus dipikul oleh KPK sendirian.

Pemerintah dan masyarakat memiliki peran yang signifikan dalam mencegah tindak pidana korupsi, walaupun KPK tetap menjadi pendorong utama dan salah satu pelopor dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia.

Oleh karena itu, Inspektorat sebagai aparat internal pemerintah harus fokus pada pencegahan dan perbaikan tata kelola.

BACA JUGA:  DPRD BU: Raperda Pajak dan Retribusi Daerah Mendukung Peningkatan Pendapatan dan Pembangunan Daerah

Demikian pula, sinergi antara berbagai aparat penegak hukum, seperti Kepolisian, Kejaksaan, dan KPK, perlu terus ditingkatkan.

Bupati Mian juga menambahkan, “Dengan sinergi dan dukungan dari semua pihak, saya yakin kita dapat bekerja lebih efektif dan mencapai kemajuan yang signifikan dalam upaya pemberantasan korupsi.”

Acara Rakor ini juga dihadiri oleh Gubernur Bengkulu serta Bupati dan Walikota dari seluruh Provinsi Bengkulu.

Hal ini menunjukkan komitmen bersama dalam mengatasi masalah korupsi yang merusak tata pemerintahan dan pembangunan di Bengkulu Utara dan seluruh provinsi tersebut.

BACA JUGA:  Amankan KTT G20 di Bali TNI AU Kerahkan Dua Jet Tempur

Dalam menghadapi tantangan pemberantasan korupsi, sinergi antara pemerintah dan masyarakat adalah kunci kesuksesan.

Dengan kerja sama yang kuat, Provinsi Bengkulu dapat menjadi contoh tata kelola yang bersih dan efektif, memberikan manfaat bagi seluruh warganya.

Upaya ini sejalan dengan visi bersama untuk membangun Indonesia yang bebas dari korupsi dan lebih transparan dalam setiap aspek pemerintahannya. (Red/Adv)