BeritaEkonomiJakartaNasional

Kabar Gembira Bagi PNS dan Pensiunan Gaji ke-13 Akan Segera Cair

441
×

Kabar Gembira Bagi PNS dan Pensiunan Gaji ke-13 Akan Segera Cair

Sebarkan artikel ini
Kabar Gembira Bagi PNS dan Pensiunan Gaji ke-13 Akan Segera Cair
Kabar Gembira Bagi PNS dan Pensiunan Gaji ke-13 Akan Segera Cair

TIRTAPOS.COM – Kabar gembira bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) dan para pensiunan. Yang mana, gaji ke-13 akan diberikan kepada pegawai pemerintah yang masih aktif maupun yang sudah pensiun dimulai Pada tanggal 5 Juni 2023 nanti.

Besaran gaji ke-13 ini telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2023. Tentu saja, jumlah gaji ke-13 ini bervariasi tergantung pada sumber anggaran yang digunakan.

Bagi PNS yang gajinya dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), komponen gaji ke-13 terdiri dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, serta 50% tunjangan kinerja yang sesuai dengan pangkat dan kelas jabatan yang dimiliki.

BACA JUGA:  Vonis Banding Ferdy Sambo, Majelis Hakim Kuatkan Putusan PN Jakarta Selatan "Tetap Hukuman M4t1"

Sementara untuk PNS yang gajinya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), komponen gaji ke-13 terdiri dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, serta tambahan penghasilan yang diterima dalam satu bulan dengan batasan paling banyak 50%.

BACA JUGA:  Gubernur Bengkulu Minta UPTD PPD Samsat Hadirkan Inovasi Baru

Langkah ini diambil oleh Pemerintah sebagai bentuk penghargaan yang pantas kepada PNS, sebagai apresiasi atas pengabdian mereka dalam melayani masyarakat dan memajukan negara.

BACA JUGA:  Siap-siap Suami Berstatus ASN, Cerai Dengan Istri Gaji Anda Akan Dipotong

Harapannya, dengan adanya pemberian gaji ke-13 ini, semakin banyak PNS yang terdorong dan termotivasi untuk memberikan kontribusi terbaik dalam menjalankan tugas-tugas mereka demi kepentingan bangsa dan negara. **