BantenBeritaPeristiwa

Kapal Roro Royce 1 Terbakar di Perairan Pulau Tempurung: Tim Penyelamat Gerak Cepat Evakuasi Penumpang

3008
×

Kapal Roro Royce 1 Terbakar di Perairan Pulau Tempurung: Tim Penyelamat Gerak Cepat Evakuasi Penumpang

Sebarkan artikel ini
Kapal Roro Royce 1 Terbakar di Perairan Pulau Tempurung: Tim Penyelamat Gerak Cepat Evakuasi Penumpang
Kapal Roro Royce 1 Terbakar di Perairan Pulau Tempurung

BANTEN – Kapal Roro Royce 1 mengalami kebakaran di perairan Pulau Tempurung, sekitar 3 mil dari darat Pelabuhan Merak Banten, pada hari Sabtu (6/5/2023) sekitar pukul 15.00 WIB. Kapal ferry tersebut sedang dalam perjalanan dari pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni di Lampung Selatan.

Kebakaran diduga berasal dari salah satu kendaraan yang ada di kapal tersebut. Informasi ini disampaikan oleh Kepala KSKP Merak Iptu Atep, yang membenarkan peristiwa tersebut.

Sementara itu Kepolisian Polda Banten saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa itu terjadi, dan saat ini Pol Airut Merak sedang melakukan evakuasi terhadap penumpang kapal yang diselamatkan oleh kapal roro lain yang lewat di perairan tersebut. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) juga telah mengonfirmasi peristiwa ini dan menyatakan bahwa api dapat dipadamkan.

BACA JUGA:  Terlibat Pengancaman Tiga Warga Kota Palembang Diamankan Polisi Bengkulu

Kapal Roro Royce 1 akan disandarkan dan dievakuasi di Pelabuhan Merak, dan tim dari berbagai instansi terkait sedang berkoordinasi untuk mengevakuasi seluruh pengguna jasa yang ada di kapal tersebut.

Demikianlah informasi mengenai kebakaran yang terjadi pada kapal Roro Royce 1 di perairan Pulau Tempurung. Semoga tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini dan semuanya dapat berjalan dengan lancar. (NN)

BACA JUGA:  Dugaan Kekerasan Terhadap Anak, Polres Bengkulu Amankan Pria 32 Tahun
  1. Benar telah terjadi kebakaran kapal KMP Royce 1 yang mengalami kebakaran di alur penyeberangan pelabuhan Merak – Bakaheuni di koordinat (-5.937150°,105,957080°) pada Sabtu (06/05) sekitar pukul 15.30 Wib.
  2. Ditpolairud Polda Banten telah mengerahkan personel dan kapal TB Tirtayasa III untuk melakukan evakuasi bersama Lanal Banten, Basarnas, Damkar Kota Cilegon, dan BPTD.
  3. Jumlah penumpang sesuai manivest, pejalan kaki lima orang (dua laki-laki dan tiga perempuan), penumpang dalam kendaraan 135 orang (laki-laku dewasa 108 orang, perempuan dewasa 21 orang, anak-anak enam terdiri dari lima anak laki-laki dan satu anak perempuan. Jumlah keseluruhan kendaraan sebanyak 79 unit.
  4. Dari Biddokkes Polda Banten telah menurunkan dua tim yaitu tim kesehatan lapangan dan tim DVI.
  5. Sampai saat ini korban luka ringan sebanyak 9 org yg terdiri dari empat orang dirawat di RSKM Cilegon dan lima orang luka ringan dirawat di puskesmas Merak.
  6. Sampai dari hasil evakuasi belum ada korban yang ditemukan meninggal dunia.
  7. Api sudah dapat dipadamkan dan kapal akan dievakuasi di pelabuhan Merak.
  8. Penyebab terjadinya kebakaran kapal KMP Royce 1 masih dalam penyelidikan lebih lanjut.