CILEGON, TIRTAPOS.com – Pasca Ledakan di PT Mitsubishi Chemical Indonesia (MCCI) Cilegon, Tim KBR (Kimia, Biologi, Radioaktif) Satbrimob Polda Banten melaksanakan pengecekan dan identifikasi ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) pada Rabu (23/02).

Pengecekan dan olah TKP dipimpin oleh Komandan Detasemen Gegana AKBP Ndaru Istimawan didampingi oleh kanit 1 Subden 3 KBR Gegana Satbrimob Polda Banten IPDA Aris Widodo.

Dansat Brimob Polda Banten Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho menyampaikan kejadian bermula saat mendapatkan Informasi dari Reza Humas PT.MCCI terkait adanya insiden suara gemuruh yang berasal dari area unit PT A 1 area reaktor sistem tepatnya di bagian Produksi Purifier Therepthalic Acid (PTA) bahan baku Polyester atau benang.

“Berdasarkan laporan tersebut Tim KBR Satbrimob Polda Banten melakukan pengecekan ke lokasi kejadian, dugaan sementara kebocoran pipa diakibatkan oleh adanya tekanan 85 Bar dan Suhu 290 C pada saat  pengoperasionalan mesin reaktor yang diakibatkan oleh tercampurnya bahan CTA (Crude Therepthalic Acid) dengan Air tawar di dalam pipa tersebut,” kata Dwi Yanto.

Selanjutnya Dwi Yanto menjelaskan pipa tersebut menghubungkan antara mesin reaktor ke mesin filter yang selanjutnya tersambung ke mesin Crystallyzer.

“Pipa tersebut mengalami kebocoran karena tekanan tersebut berasal dari cairan isinya air panas kemudian dicampur dengan bahan kimia tadi kemudian ketika terlepas ke udara menimbulkan perbedaan tekanan dan mengalami kebocoran dan terjadi ledakan atau suara dentuman pipa tersebut terangkat kurang lebih 40 derajat,” ujar Dwi Yanto.

Terakhir Dwi Yanto mengatakan setelah dilakukan pengecekan menggunakan alat pendeteksi tim KBR Satbrimob Polda Banten hasilnya tidak ditemukan bahan kimia berbahaya.

“Hasil pengecekan menggunakan alat pendeteksi LCD 33 dan search tech, tidak ditemukan bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan,” ujarnya.

Dwi Yanto menghimbau masyarakat sekitar untuk tidak panik pasca kejadian tersebut.

“Akibat kejadian ini 6 korban yang merupakan operator bagian produksi mengalami trauma,  sampai saat ini suplai bahan bakar tidak terganggu kegiatan tetap berlangsung, distribusi BBM tidak terganggu,” tutupnya. (**)

Check Also

Kronologis Penemuan Jenazah Petani Asal Cibeber Berdasarkan Keterangan Polisi

BANTEN, TIRTAPOS.com – Seorang petani asal Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak, Rohanta Bin Idis (52) ditemukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.