BeritaJakartaNasional

Presiden Jokowi Melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam Menggantikan Mahfud MD, AHY Dilantik sebagai Menteri ATR

4761
×

Presiden Jokowi Melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam Menggantikan Mahfud MD, AHY Dilantik sebagai Menteri ATR

Sebarkan artikel ini
Jokowi Rombak Kabinet Indonesia Maju

Jakarta – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), menggelar upacara pelantikan dua Menteri Kabinet Indonesia Maju yang akan melanjutkan sisa masa jabatan periode 2019-2024. Pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara Jakarta pada hari Rabu, 21 Februari 2024.

Kedua menteri yang dilantik adalah Hadi Tjahjanto, yang ditunjuk sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), serta Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, yang diangkat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Penunjukan ini didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 34/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 yang dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 20 Februari 2024 di Jakarta.

BACA JUGA:  Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara Dukung Program Muhammadiyah Melalui Hibah dan Kolaborasi

Setelah pembacaan Keputusan Presiden, Presiden Jokowi memimpin prosesi pengucapan sumpah jabatan oleh kedua menteri yang baru dilantik.

“Saya bersumpah/berjanji bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi pengabdian saya kepada bangsa dan negara. Saya akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan penuh tanggung jawab dalam menjalankan tugas jabatan saya,” ucap Presiden Jokowi saat memimpin sumpah jabatan.

BACA JUGA:  Musra Bengkulu ke-26: Simpatisan Mahfud MD Dukungan Kuat Untuk Pemimpin Indonesia ke Depan

Hadi Tjahjanto dilantik sebagai pengganti dari Mahfud MD sebagai Menko Polhukam, sementara AHY menggantikan posisi yang sebelumnya dipegang oleh Hadi Tjahjanto.

Acara pelantikan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima Tentara Nasional Indonesia, Jenderal Agus Subiyanto, serta beberapa menteri dari Kabinet Indonesia Maju lainnya. (AR1)

BACA JUGA:  Kapolri Minta Jajaran Terjun Ke Lapangan Untuk Dengar Aspirasi Masyarakat