AdvertorialBengkulu UtaraBeritaPolitik

Rapat Koordinasi Evaluasi Persiapan Pemilu 2024 di Bengkulu Utara, Sonti Bakara: Langkah Strategis untuk Kelancaran Proses Demokrasi

165
×

Rapat Koordinasi Evaluasi Persiapan Pemilu 2024 di Bengkulu Utara, Sonti Bakara: Langkah Strategis untuk Kelancaran Proses Demokrasi

Sebarkan artikel ini
Rapat Koordinasi Evaluasi Persiapan Pemilu 2024 di Bengkulu Utara, Sonti Bakara: Langkah Strategis untuk Kelancaran Proses Demokrasi

Bengkulu Utara – Dalam rangka memastikan kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak, Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara menggelar Rapat Koordinasi Evaluasi Persiapan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024. Acara ini dilangsungkan pada hari Jumat, 26 Januari 2024, di ruang Command Center Setdakab.

Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian, mengawali acara dengan menyoroti pentingnya kerjasama antar instansi serta keterlibatan masyarakat dalam menjamin suksesnya proses pemilu tahun 2024.

Ia menekankan bahwa rapat koordinasi ini merupakan langkah strategis untuk memastikan kelancaran pelaksanaan pemilu di Kabupaten Bengkulu Utara.

Ketua DPRD Bengkulu Utara, Sonti Bakara, SH, juga menegaskan bahwa penegasan dan evaluasi terhadap persiapan pemilu 2024 adalah bentuk komitmen pemerintah daerah dan DPRD BU untuk memastikan jalannya pemilu yang lancar, adil, dan transparan.

BACA JUGA:  Gelar Rapat Internal DPRD BU Bahas Laporan Bapemperda dan Raperda Inisiatif Tahun 2024

Evaluasi ini diharapkan menjadi landasan untuk menyempurnakan setiap tahapan persiapan hingga pelaksanaan pemilu nanti.

“Kami berharap agar semua pihak mampu mengidentifikasi dan mengatasi kendala, baik yang bersifat teknis maupun non-teknis, yang mungkin timbul dalam penyelenggaraan Pemilu. Semua diharapkan dapat berjalan sesuai dengan mekanisme dan ketentuan yang berlaku, serta berlangsung dengan aman, tertib, lancar, dan terkendali,” ungkap Sonti.

Kapolres Bengkulu Utara, AKBP Lambe Patabang Birana, menyatakan kesiapan jajarannya untuk bersinergi dalam mengamankan pemilu tahun 2024. Rakor evaluasi ini diharapkan dapat mengoptimalkan keterlibatan seluruh komponen yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu.

BACA JUGA:  Meningkatkan Transparansi dan Partisipasi Ditengah Masyarakat, Ini Peran Penting Publikasi Desa Melalui Media Massa

“Dengan sinergi yang baik, kami yakin masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara dapat mengikuti pemilu dengan nyaman dan percaya bahwa proses demokrasi berjalan dengan baik,” tambahnya.

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Dandim 0423 Bengkulu Utara, yang menyatakan kesiapan Kodim 0423 dalam memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan pemilu 2024 di Kabupaten Bengkulu Utara.

Ada beberapa poin yang perlu dicermati bersama untuk masa mendatang, terutama terkait pendistribusian dan pengembalian logistik ke pulau Enggano atau ke 47 TPS yang sulit dijangkau.

BACA JUGA:  Zaman Gubernur Ahok Pengadaan Lahan Rusun Dikorupsi Senilai Rp 650 Miliar

“Kendala yang tak terduga, seperti cuaca atau jarak tempuh pendistribusian dan pengembalian logistik, harus dapat diatasi dengan memastikan kondisinya tepat waktu,” tutupnya.

Turut hadir dalam rapat ini Bupati Bengkulu Utara, Dandim 0423 BU, Kapolres Bengkulu Utara, Ketua DPRD Bengkulu Utara, Kepala Kejaksaan Negeri Bengkulu Utara, Ketua Pengadilan Negeri Arga Makmur, Perwakilan Bawaslu BU, Perwakilan KPU BU, serta Kepala OPD terkait.

Dengan kerjasama yang kokoh antara berbagai pihak terkait, diharapkan persiapan dan pelaksanaan Pemilu 2024 di Bengkulu Utara dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan proses demokrasi yang berkualitas bagi masyarakat. (Ar1/Adv)