JAKARTA, TIRTAPOS.com – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyar Ripublik Indonesia (DPR RI) telah menyelesaikan uji kelayakan dan kepatutan calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027.

Melalui mekanisme pemungutan suara yang berlangsung sejak Rabu (16/2/2022) malam hingga Kamis (17/2/2022) dini hari, mereka menetapkan 7 komisioner KPU dan 5 anggota Bawaslu.

“Persiapan setelah keputusan rapat internal terkait mekanisme pemilihan calon komisioner penyelenggara pemilu baik KPU RI dan Bawaslu RI, kami juga mempersiapkan segala kemungkinan dan segala alat-alat yang memang dibutuhkan dalam menentukan calon komisioner penyelenggara pemilu,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa dikutif dari tirto.id, Kamis (17/02/2022).

Dari 14 calon komisioner KPU, Komisi II DPR memilih tujuh nama yakni Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifudin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz.

Sedangkan, dari 10 calon anggota Bawaslu, Komisi II DPR memilih lima nama yakni Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono, dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Nama-nama terpilih ini akan ditetapkan dalam sidang paripurna DPR RI selanjutnya, mereka akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo. (**)

Check Also

Presiden Jokowi Lantik Anggota KPU dan Bawaslu Masa Jabatan 2022-2027

JAKARTA, TIRTAPOS.com – Presiden RI Joko Widodo melantik anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan anggota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.