Kabel Milik PLN Terkelupas, Penambang Emas Tradisional Tewas Kesetrum

Tampak Pegawai PLN Memperlihatkan Kabel Listrik Yang Terkelupas

TIRTAPOS.com – Ilal Abdi (48) warga Lemeu Kecamatan Uram Jaya, Kabupaten Lebong, ditemukan meninggal dunia akibat tersengat listrik di kawasan wisata Lobang Kaca Mata.

Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (23/7) sekitar pukul 13.00 WIB di Desa Lebong Tambang Kecamatan Lebong Utara, Kabupaten Lebong, Bengkulu.

Kapolres Lebong, AKBP Awilzan melalui Kapolsek Lebong Utara, Iptu Subkhan saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa itu terjadi.

Menurutnya, kejadian berawal pada Sabtu (23/7) sekitar pukul 11.00 WIB, saat korban mendatangi lokasi wisata lobang kaca mata.

Kedatangan korban, rencananya ingin melakukan aktivitas pertambangan emas tradisional di lokasi lahan milik korban sendiri.

Sebelum memulai aktivitas pertambangan tradisional, korban hendak membuang air besar di saluran air atau siring yang terletak di belakang Balai Desa Lebong Tambang yang jaraknya sekitar 100 meter dari lokasi.

Dalam perjalanan korban melewati jalan setapak yang kebetulan terdapat kabel listrik yang terjuntai ke tanah setinggi satu meter.

Melihat hal itu, korban mencoba membenarkan kabel listrik yang hampir menyentuh tanah tersebut.

Naas, korban mengangkat kabel dengan tangan telanjang itu lantas tersengat listrik hingga terjatuh.

“Seorang anak-anak melihat posisi korban sedang telungkup kemudian memanggil warga lain,” ujar Kapolsek.

Lanjut ia menjelaskan, warga yang mengetahui informasi tersebut langsung berdatangan ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi korban.

Akan tetapi, saat dievakuasi korban ditemukan sudah tidak bernyawa lagi, dan pada tubuh korban ditemukan luka bakar pada telapak tangan kiri dan kanan.

“Atas kejadian tersebut korban kemudian dibawa ke puskesmas Muara Aman oleh warga untuk dilakukan pemeriksaan. Namun, nyawa korban tidak terselamatkan lagi, dan dinyatakan meninggal dunia,” ungkap Kapolsek.

Pihak kepolisian yang datang ke lokasi kejadian melihat ada jaringan listrik milik PLN dengan keadaan terkelupas bahkan kabel tersebut nyaris menyentuh tanah.

BACA JUGA:  6 Pecandu Barang Haram Asal Bengkulu Utara Ditangkap Polisi

“Terdapat jaringan arus listrik lebih dari 1 jaringan tanpa tiang dan jaringan listrik ditemukan dari gedung sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Lebong Tambang menuju lokasi tambang dengan ketegangan 220 volt kondisi aktif,” demikian Kapolsek. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!