ArtikelBengkuluKesehatanOlahraga

Ternyata Berjalan Kaki Setiap Hari Bisa Panjangkan Usia dan Meningkatkan Kesehatan Mental, Berikut Ulasannya

597
×

Ternyata Berjalan Kaki Setiap Hari Bisa Panjangkan Usia dan Meningkatkan Kesehatan Mental, Berikut Ulasannya

Sebarkan artikel ini
Berjalan Kaki Ribuan Langkah Setiap hari Bisa meningkatkan Kesehatan Fisik dan Juga Mental. Foto Dok Tirtapos Media Grup
Berjalan Kaki Ribuan Langkah Setiap hari Bisa meningkatkan Kesehatan Fisik dan Juga Mental. Foto Dok Tirtapos Media Grup

Tirtapos.com – Berjalan kaki mungkin bukanlah hobi favorit bagi sebagian orang. Namun, tahukah Anda bahwa ada sejumlah manfaat luar biasa dari berjalan kaki setiap hari untuk kesehatan Anda.

Tak hanya memberikan dampak positif pada kesehatan fisik, tetapi juga berkontribusi pada kesejahteraan mental.

Berikut ini adalah sejumlah keuntungan berjalan kaki yang diambil dari informasi dari Self dan Healthline:

Membakar Kalori

Berjalan kaki memiliki kemampuan luar biasa dalam membakar kalori, menjadikannya pilihan yang sangat tepat bagi mereka yang tengah menjalani program diet.

Kesehatan Jantung yang Optimal

Hanya dengan berjalan kaki setiap hari selama minimal 30 menit, Anda bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner hingga 19 persen.

BACA JUGA:  Gratifikasi Pemotongan Anggaran Tahun Berjalan, Plt Kadis Dinkes: Itu Semua Tidak Benar

Pengendalian Level Gula Darah

Tidak hanya berdampak positif pada kesehatan secara keseluruhan, berjalan kaki usai makan juga mampu menurunkan tingkat gula darah dalam tubuh.

Mengurangi Nyeri Sendi

Olahraga berjalan kaki terbukti mampu mengurangi nyeri sendi dengan merangsang pelumasan dan penguatan otot di sekitarnya.

Peningkatan Kesehatan Mental

Hanya dengan berjalan kaki selama 10 menit setiap hari, Anda dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi kecemasan, dan dampak negatif depresi.

Pengobatan Nyeri Mata

Berjalan kaki secara teratur dapat meredakan nyeri mata dengan memberikan istirahat pada mata dan meningkatkan jarak pandang.

BACA JUGA:  Sosialisasi Perbup, Asdyarman: Saya Minta Semua Desa Kompak Jalin Kerjasama dan Koordinasi

Penguatan Sistem Kekebalan Tubuh

Berjalan kaki dengan intensitas sedang selama 30 hingga 45 menit mampu meningkatkan daya tahan tubuh, membantu melawan demam, flu, serta infeksi saluran pernapasan atas.