AdvertorialBengkulu UtaraBeritaKesehatan

Jambore Kader Posyandu Padang Jaya, Samsul Maarif: Kita Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Bengkulu Utara

765
×

Jambore Kader Posyandu Padang Jaya, Samsul Maarif: Kita Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Bengkulu Utara

Sebarkan artikel ini
Jambore Kader Posyandu Padang Jaya, Samsul Maarif: Kita Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Bengkulu Utara
Jambore Kader Posyandu Padang Jaya, Samsul Maarif: Kita Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Bengkulu Utara

Bengkulu Utara – Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Utara sukses melaksanakan kegiatan Jambore Kader Posyandu yang diselenggarakan di Aula Kantor Kecamatan Padang Jaya, Bengkulu Utara. Acara ini menjadi sebuah tonggak dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah tersebut. Sabtu, 18 Maret 2023.

Acara Jambore Kader Posyandu ini melibatkan berbagai lintas sektor dan program di Dinas Kesehatan Bengkulu Utara, termasuk Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas PPKB, Kepala Dinas Sosial, Ketua TP PKK Bengkulu Utara, Camat Padang Jaya, Kapolsek, Kepala KUA, seluruh kepala desa di Padang Jaya, PLKB, dan seluruh kader Posyandu yang berada di wilayah kecamatan Padang Jaya.

Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Utara, Samsul Maarif, SKM, M.Kes, dalam sambutannya, menekankan peran penting kader Posyandu dalam meningkatkan kualitas layanan pendaftaran, penimbangan, pencatatan, dan penyuluhan kesehatan.

BACA JUGA:  Disinyalir Ada Kemufakatan Jahat, Tim Pansus Bungkam Terkait Dugaan Penyalahgunaan Anggaran Covid-19 di Bengkulu Utara

Menurutnya, Jambore Kader Posyandu ini bertujuan untuk memberikan penghargaan dan meningkatkan keterampilan, wawasan, serta pengetahuan kader dalam penyelenggaraan Posyandu.

“Jambore Posyandu ini kita lakukan merupakan apresiasi dan penghargaan kita kepada kader Posyandu karena mereka adalah ujung tombak unsur kesehatan di tengah masyarakat,” ujar Samsul.

Selain itu, diharapkan bahwa kader Posyandu dapat melakukan penyuluhan mengenai pola asuh balita, sehingga anak-anak dapat tumbuh sehat, aktif, cerdas, dan responsif.

Kader juga dapat memberikan layanan konsultasi, konseling, diskusi kelompok, dan demonstrasi (praktik) kepada orang tua keluarga balita.

BACA JUGA:  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bengkulu Utara Terbitkan 241 AK1, 139 Diantaranya Jadi PMI

Untuk meningkatkan kualitas layanan, kader Posyandu diharapkan mampu menerapkan konsep pelayanan 5 Meja dengan baik.

Konsep ini mencakup pendaftaran, pengukuran tinggi badan dan berat badan, pencatatan, penyuluhan gizi, dan pelayanan kesehatan.

Dengan penerapan yang baik, diharapkan kader Posyandu dapat memberikan pelayanan yang maksimal.

Sambutan hangat juga diberikan dalam jenis kegiatan yang diadakan, seperti lomba tari kreasi, lomba yel-yel, lomba kreasi menu protein hewani, dan lomba kreasi jamu tradisional.

Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya mempererat hubungan antara kader Posyandu, tetapi juga memberikan kesempatan untuk berkreasi dan berbagi pengetahuan.

BACA JUGA:  Pacar Dibawa Orang Lain Seorang Residivis Tega Menganiaya T Hingga Babak Belur

Dalam konteks yang lebih luas, kegiatan ini juga bertujuan untuk menggalang komitmen Posyandu aktif, yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Kesehatan, Pelaksana Tugas Kepala Dinas KB, Kepala Dinas Sosial, Camat Padang Jaya, Kepala Puskesmas Air Lais, Kepala KUA, PLKB, dan seluruh kepala desa di kecamatan Padang Jaya.

Dengan terselenggaranya Jambore Kader Posyandu ini, diharapkan kapasitas kader Posyandu dapat ditingkatkan secara signifikan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Posyandu.

BACA JUGA:  Menjelang Akhir Tahun Bupati Bengkulu Utara Lakukan Rotasi Jabatan

Selain itu, diharapkan juga terjadi peningkatan aktifitas Posyandu dan penurunan angka stunting di Kabupaten Bengkulu Utara. Ini adalah langkah yang baik dalam memajukan sektor kesehatan masyarakat dan kesejahteraan anak-anak di wilayah tersebut. (AR1/Adv)