LEBONG, TIRTAPOS.com – Bencana tanah longsor terjadi di dua titik, tepatnya di Desa Tabang Sawah dan Desa Tebing Kadi Kecamatan Pinang Belapis Kabupaten Lebong, Bengkulu terjadi sekitar pukul 17.30 WIB pada Sabtu (16/04/2022).

Guna mengevakuasi dan pembersihan material longsor. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong, yang dipimpin langsung oleh Kabid Kesiap Siagaan, Hendra mengerahkan personil  Tim Reaksi Cepat (TRC) sebanyak 20 orang untuk melaksanakan penanganan longsor yang menimpa wilayah tersebut.

Penanganan dilaksanakan secara gotong royong oleh BPBD Lebong, TRC, TNI, Polri, Dinas PUPR-P dan Warga sekitar dengan menerjunkan satu unit alat berat milik Dinas PUPR-P Kabupaten Lebong.

“Alhamdulillah, berkat kesigapan dan kekompakan Tim material longsor dapat segera diatasi sekitar pukul 11.30 WIB malam,” kata Kabid Kesiap Siagaan, Hendra saat berada dilokasi bencana.

Longsor disebabkan akibat hujan deras pada hari Sabtu (16/4) sore, dikarnakan sudah lama tidak terjadi hujan sehingga lapisan tanah mudah tergerus dan terjadilah longsor tersebut. Sambung Hendra

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tesebut, hanya saja material longsor sempat menutupi badan jalan lebih kurang sekitar 10 meter dengan ketebalan sekitar 3-5 meter.

Dalam pelaksanaannya, tim yang tergabung antara BPBD, TRC, TNI, POLRI, Dinas PUPR-P, Pihak Kecamatan dan warga setempat, berusaha membuka jalan yang longsor dari titik 1 dengan material longsor lebih kurang panjang 10 meter dan ketebalan sekitar 3-5 meter itu dilanjutkan ke titik yang ke 2 berjarak sekitar 50 meter dari lokasi yang pertama.

Saat ini kondisi jalan sudah normal kembali, dan dihimbau kepada warga serta pengendara agar berhati-hati ketika melintas di lokasi tersebut. Dikarenakan kondisi jalan masih licin karna sisa material longsor. Demikian Hendra. (red)

Print Friendly, PDF & Email
BACA JUGA:  Demi Ilmu Tujuh Orang Warga Kikim Nekat Sambangi Bengkulu Utara Untuk Berguru Hal Ini

Check Also

Pembangunan PAMSIMAS Pancura Capai 70 Persen.

Fisik Bangunan Tower PAMSIMAS Desa PANCURA. Kaur_Pembangunan PAMSIMAS, Pacur Negara kecamatan Kaur Utara, yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!