AdvertorialBengkulu UtaraBerita

Inovasi Terbaru Dukcapil BU, Kerjasama Antar OPD untuk Meningkatkan Akses Data Kependudukan Melalui Jaringan VPN

310
×

Inovasi Terbaru Dukcapil BU, Kerjasama Antar OPD untuk Meningkatkan Akses Data Kependudukan Melalui Jaringan VPN

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Dukcapil BU, Suwanto

Bengkulu Utara – Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) telah mengambil langkah inovatif dengan menjalin kerjasama antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kerjasama ini bertujuan untuk memudahkan akses dan pemanfaatan data kependudukan melalui penggunaan jaringan VPN (Virtual Personal Network).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bengkulu Utara, Suwanto menyebutkan, dengan adanya jaringan VPN ini setiap OPD yang terlibat dalam kerjasama dapat dengan mudah mengakses berbagai data yang berkaitan dengan pelayanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi, serta penegakan hukum dan pencegahan kriminal.

Beberapa OPD yang telah menjalin kerjasama termasuk Dinas Pendapatan Daerah, Dinas Sosial, RSUD Arga Makmur, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pendidikan, serta Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi.

BACA JUGA:  Anggota Satlantas Polda Bengkulu Adu Skill Diajang Lomba Safety Riding HUT Bhayangkara Ke-77

Melalui Perjanjian Kerjasama Pemanfaatan Data Kependudukan (PKS), sebanyak 12 SKPD telah resmi bergabung dalam upaya meningkatkan efisiensi dalam penggunaan data kependudukan.

Diantaranya, 6 SKPD telah berhasil memperoleh akses ke jaringan VPN untuk memfasilitasi pengambilan data yang dibutuhkan.

BACA JUGA:  Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kaur, Peringatan HUT Kabupaten Kaur ke-21

Diharapkan dengan adanya kerjasama ini, seluruh OPD lainnya juga akan turut bergabung dalam upaya memperluas akses dan pemanfaatan data kependudukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Langkah ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik serta pembangunan di Kabupaten Bengkulu Utara. (Ar1/Adv)