BeritaKaur

Menjelang Akhir Tahun 2023, Kabupaten Kaur Meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Dari KIP Bengkulu

1174
×

Menjelang Akhir Tahun 2023, Kabupaten Kaur Meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Dari KIP Bengkulu

Sebarkan artikel ini
Menjelang Akhir Tahun 2023, Kabupaten Kaur Meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Dari KIP Bengkulu
Menjelang Akhir Tahun 2023, Kabupaten Kaur Meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Dari KIP Bengkulu

Kaur – Pada Jumat, 8 Desember 2023, Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur memperoleh penghargaan yang luar biasa dalam bidang Keterbukaan Informasi Publik tahun 2023. Anugerah tersebut diberikan oleh Komisi Informasi Publik (KIP) Bengkulu dengan kategori Informatif. Acara penganugerahan ini berlangsung di Ruang Pola Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik terbagi dalam tiga kategori, yaitu Informatif, Menuju Informatif, dan Cukup Informatif. Kabupaten Kaur berhasil meraih kategori Informatif, mencerminkan dedikasi dan kualitas informasi yang disediakan oleh pihak berwenang.

Berbagai tokoh dan pejabat penting hadir dalam acara tersebut, termasuk Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri, Ketua DPRD Provinsi Bengkulu, Anggota DPD RI, Kapolda Bengkulu, DANREM, Direktur Bank Bengkulu, Dewan Juri, Kadis Kominfo Provinsi Bengkulu, Pimpinan Instansi Vertikal di Provinsi Bengkulu, Kepala OPD/Biro/Badan di Provinsi Bengkulu, dan PPID Kabupaten/Kota.

BACA JUGA:  Pemkab Kaur Menggelar Pasar Murah untuk Membantu Masyarakat di Tengah Kenaikan Harga Sembako

Anugerah ini merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik di Badan Publik se-Provinsi Bengkulu. Sebanyak 33 kepala OPD/Biro/badan Provinsi Bengkulu, 7 Badan Vertikal Provinsi Bengkulu, dan 10 PPID Kabupaten/Kota Provinsi Bengkulu turut meraih prestasi dalam penyediaan informasi publik.

Sekdaprov Isnan Fajri menekankan pentingnya keterbukaan informasi yang sesuai dengan keadaan di lapangan. Penghargaan yang diterima harus tercermin dalam kemampuan nyata untuk menyediakan informasi kepada masyarakat dan organisasi lain yang membutuhkannya.

“Jangan hanya sebatas penghargaan Informasi Publik, Informasi Publik itu harus benar-benar dibuka, sehingga masyarakat siapapun itu yang butuh informasi benar-benar tersedia,” ujar Isnan Fajri.

BACA JUGA:  KAPOLRES: Saya Nyatakan Perang Dengan Judi, Masyarakat Diminta Melapor Jika Mengetahui Praktek Perjudian

Ketua Komisi Informasi Publik Provinsi Bengkulu, Hidi Christopher, berharap agar pihak yang meraih penghargaan informatif terus mempertahankan dan terus berupaya menuju informarif. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas informasi yang tersedia di masyarakat.

Di sisi lain, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kaur, Muhammad Jarnawi, menjelaskan bahwa pada tahun sebelumnya, Kabupaten Kaur meraih predikat Menuju Informatif. Namun, dengan kerja keras dan kolaborasi semua pihak, pada tahun 2023 Kabupaten Kaur berhasil meraih predikat Informatif.

BACA JUGA:  Pemkab Kaur Gelar Rapat Persiapan Hari Ulang Tahun Kabupaten Kaur ke-21 Tahun 2024

“Anugerah yang luar biasa ini tercapai berkat kerja dan kolaborasi semua pihak dalam memberikan informasi publik. Kita berharap predikat ini terus dipertahankan dengan memberikan informasi yang update di setiap kanal informasi yang dimiliki oleh pemerintah daerah dan pihak rekanan,” ucap Jarnawi dengan bangga.

BACA JUGA:  Kabar Gembira.. Desa Guru Agung II Bagikan BLT DD Tahap Pertama untuk 16 KPM Menjelang Ramadhan 1445 H

Jarnawi juga menegaskan komitmen Dinas Kominfo Kabupaten Kaur untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan informasi. Hal ini tidak lepas dari dukungan jurnalis, LSM, dan seluruh masyarakat yang turut berperan dalam kesuksesan Kabupaten Kaur meraih predikat Informatif pada tahun 2023. (Irlis)