BeritaHukum & KriminalNasionalSumatera Barat

Penculikan Anak di Bawah Umur, Pelaku Ditangkap Setelah Dua Minggu Pelarian

787
×

Penculikan Anak di Bawah Umur, Pelaku Ditangkap Setelah Dua Minggu Pelarian

Sebarkan artikel ini
Pelaku Penculikan Anak Bawah Umur Berhasil Ditangkap Polisi

Sumatra Barat – Kasus melarikan anak di bawah umur yang terjadi pada bulan Juli lalu di Kabupaten Sijunjung akhirnya menemukan titik terang. Pada Rabu, 09 Agustus 2023, petugas dari Polsek Sijunjung berhasil menangkap tersangka utama bernama RMP alias RF (27), setelah melarikan diri selama sekitar dua minggu. RF diduga terlibat dalam kasus penculikan dan rencana pernikahan dengan remaja berusia 17 tahun yang berinisial SS, yang merupakan anak dari Daprialis.

Laporan dari orang tua korban masuk ke kepolisian pada tanggal 02 Agustus 2023, setelah remaja SS diduga diculik oleh RF pada tanggal 22 Juli 2023.

Kejadian tersebut berlangsung di jorong Limau Sundai, Nagari Pamatang Panjang, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

BACA JUGA:  Tak Butuh Waktu Lama, Dua Sekawan Pelaku Pembobolan Rumah PNS Dibekuk Polisi

Orang tua korban segera melaporkan kasus ini kepada Polsek Sijunjung dan merasa sangat terpukul.

AKP Ardiansyah Rolindo Putra, SIK, MH selaku Kasat Reskrim Polres Sijunjung, memerintahkan Kanit Reskrim Polsek Sijunjung untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Berdasarkan hasil interogasi terhadap orang tua korban dan saksi-saksi, serta informasi dari berbagai pihak, dugaan bahwa SS telah diculik oleh pacarnya, yaitu RF, semakin kuat.

Berbekal informasi tersebut, petugas berhasil melacak keberadaan RF dan SS di daerah Timpeh, Kabupaten Dharmasraya, pada tanggal 08 Agustus 2023.

BACA JUGA:  Vonis 12 Tahun Penjara Untuk Kakek Terdakwa Kasus Asusila Pada Cucu Tirinya

Kasat Reskrim AKP Ardiansyah kembali berkoordinasi dengan unit IV Satreskrim Polres Sijunjung untuk penyelidikan lebih lanjut mengenai keberadaan pelaku dan korban.

Pada dini hari tanggal 09 Agustus 2023, petugas berhasil menangkap RF di Jorong Taratak Tinggi, Nagari Marga Makmur, Kecamatan Timpeh, Kabupaten Dharmasraya. Saat penangkapan, SS yang diduga telah diculik oleh RF juga berhasil diamankan.

Keduanya kemudian dibawa ke Polsek Sijunjung untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

BACA JUGA:  Kejar Warga Dengan Pisau Pedagang Asal Sumsel Ditangkap Polisi

Kasat Reskrim memberikan keterangan bahwa setelah interogasi, RF mengakui bahwa ia telah melarikan SS sejak tanggal 22 Juli 2023 dengan niat membawa kabur dan menikahinya tanpa izin orang tua korban.

Saat ini, pihak kepolisian tengah melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap pelaku dan korban.

BACA JUGA:  Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Polisi Mengetahui Aksi Penusukan Terjadi Secara Spontan

Kasat Reskrim juga memberikan pesan kepada masyarakat tentang pentingnya pemantauan terhadap interaksi dan aktivitas anak-anak di era digital seperti saat ini. Orang tua juga diminta untuk menjaga komunikasi yang baik dengan anak-anak mereka serta segera melaporkan aktivitas mencurigakan kepada pihak berwajib. (AR1)