Bengkulu UtaraBeritaKesehatanKorupsi

Anggaran Makan Minum Dinas Kesehatan Bengkulu Utara Sarat Dipertanyakan

118
×

Anggaran Makan Minum Dinas Kesehatan Bengkulu Utara Sarat Dipertanyakan

Sebarkan artikel ini
Foto Ilustrasi

Bengkulu Utara – Sorotan tajam tertuju pada anggaran rutin tahun 2024 di era kepemimpinan Anik Khasyanti MH sebagai Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Utara.

Tak dapat dipungkiri, data yang berhasil dihimpun oleh media Tirtapos.com mengungkap fakta menarik terkait anggaran untuk kegiatan makan minum selama tahun berjalan di Dinkes yang mencapai angka fantastis, yakni setengah miliar rupiah.

Saat dikonfirmasi oleh awak media, Plt Dinkes irit bicara dan tidak mengetahui pasti dimana pos anggaran makan minum itu diperuntukkan.

BACA JUGA:  Ini Yang Dilakukan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara Dalam Upaya Percepatan Penurunan Angka Stunting

“Mas ini giat kapan ya dan anggaran tahun berapa dan bulan berapa,” ujar Anik sembari bertanya kembali ke awak media Rabu (10/7/24).

Ironisnya, saat kembali ditanyai perihal berapa anggaran gelondongan untuk kegiatan makan minum dan peruntukannya untuk kegiatan di mana saja, Plt Dinkes Anik tidak mengetahui besaran anggaran tersebut.

BACA JUGA:  Menegaskan Tanggung Jawab: DPRD Bengkulu Utara Mendorong Transparansi dan Responsivitas Pemerintah Daerah

“Maaf mas, itu gak ada judulnya. Maaf saya gak tau itu giat apa,” tandas Anik.

Hal ini tentu menimbulkan tanda tanya besar mengenai pengelolaan anggaran di lingkungan dinas kesehatan.

Perlu adanya klarifikasi lebih lanjut mengenai alokasi anggaran yang telah disebutkan di atas.

Apakah angka yang tercatat tersebut memang merupakan kebutuhan nyata dalam menjalankan operasional Dinas Kesehatan, ataukah ada hal lain yang perlu diungkap terkait penggunaan dana dalam skala yang sedemikian besar itu.

BACA JUGA:  Inspeksi Jembatan Seorang Kunsultan Asal Jawa Barat Tewas Tenggelam

Dalam pengelolaan keuangan daerah, masyarakat berhak mengetahui informasi yang jelas dan transparan mengenai pengelolaan anggaran, terutama ketika angka-angka yang terungkap begitu mencolok.

Saat ini, Tirtapos.com masih melakukan langkah-langkah konkret untuk memastikan bahwa setiap rupiah anggaran publik benar-benar digunakan dengan efisien dan sesuai dengan kebutuhan yang mendesak, atau hanya kebutuhan pihak-pihak tertentu saja. (Ar1)

BACA JUGA:  Peringatan HUT Kodim 0423 BU Ke-27 Dimeriahkan dengan Lomba Burung Kicau se-Sumatra