Bengkulu UtaraBerita

Antisipasi Kenaikan Harga Sembako Menjelang Ramadhan, Kapolsek dan Camat Padang Jaya Sidak ke Pasar Tradisional

140
×

Antisipasi Kenaikan Harga Sembako Menjelang Ramadhan, Kapolsek dan Camat Padang Jaya Sidak ke Pasar Tradisional

Sebarkan artikel ini
Pantau Harga Sembako Kapolsek dan Camat Padang Jaya Sidak Pasar

Bengkulu Utara – Guna memastikan ketersediaan dan mengawasi situasi sembako di masyarakat Kecamatan Padang Jaya, upaya bersama dilakukan oleh Kapolsek Padang Jaya, Iptu Ratno SH, dan Camat Padang Jaya, Maman Suherman S.STP, yang turun langsung untuk memantau harga sembako dan ketersediaan stok pangan di Pasar Tradisional Desa Marga Sakti, Kecamatan Padang Jaya pada Jumat (1/3/2024).

Dalam pengecekan stok beras dan sembako di Pasar Tradisional Desa Marga Sakti, Kecamatan Padang Jaya, beberapa toko besar dan kios turut menjadi fokus.

Inspeksi mendadak (sidak) ke pasar tradisional ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap potensi kenaikan harga sembako menjelang Bulan Ramadhan 1445 H.

“Giat monitoring ini kami lakukan bersama pak camat guna memastikan soal isu harga beras yang tinggi dan stok beras yang katanya langka,” jelas Kapolsek Padang Jaya, Iptu Ratno.

BACA JUGA:  Kabar Gembira Bagi PNS dan Pensiunan Gaji ke-13 Akan Segera Cair

Dari hasil pemantauan tersebut, diketahui bahwa harga beras mengalami peningkatan, dengan kenaikan harga beras mencapai Rp. 2000 per cupak.

Seperti yang terjadi di Kios BBM Mbak Uci Desa Marga Sakti, harga beras medium yang sebelumnya dijual seharga Rp 23.500 per cupak, kini naik menjadi Rp 25.500 per cupak.

Sementara itu, harga cabai merah yang sebelumnya dilaporkan naik, kini mengalami penurunan harga, dijual seharga Rp 72.000 per kilogram, dengan penurunan sekitar Rp. 10.000 per kilogram.

“Meskipun terjadi kenaikan harga beras dan minyak goreng, namun bahan pokok lainnya seperti gula dan cabai mengalami penurunan harga,” tambah Kapolsek.

BACA JUGA:  Apel Gelar Pasukan Polda Bengkulu Siap Amankan Perayaan Nataru 2023

Dalam kesempatan tersebut, pihak berwenang juga menghimbau kepada pedagang dan masyarakat untuk tidak melakukan penimbunan beras dan bahan pokok lainnya.

“Harga harus sesuai dengan pasaran, dan stok beras juga terjamin. Tidak perlu ada kepanikan. Saya juga ingin mengimbau agar tidak ada yang berani menimbun beras,” tegasnya.

BACA JUGA:  DTPHP BU Meningkatkan Efisiensi Pertanian Melalui Jalan Usaha Tani

Di sisi lain, Camat Padang Jaya, Maman Suherman S.STP, menyatakan bahwa hasil sidak yang dilakukan bersama Polsek dan perangkat desa menunjukkan bahwa harga beras dan bahan pokok lainnya stabil dan cenderung aman. (EZ4)