Bengkulu UtaraBeritaPertanian

Dinas Ketahanan Pangan BU Siapkan 18 Ribu Bibit Sayuran

90
×

Dinas Ketahanan Pangan BU Siapkan 18 Ribu Bibit Sayuran

Sebarkan artikel ini
Dinas Ketahanan Pangan BU Siapkan 18 Ribu Bibit Sayuran

Bengkulu Utara – Pada tahun 2024 ini, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) sedang mempersiapkan sebanyak 18 ribu bibit sayuran yang saat ini tengah dilakukan penyemaian oleh DKP Kabupaten BU.

Sekretaris DKP, Ujang Ismail SKM MPh, mengakui bahwa 13 ribu bibit sayuran tersebut seperti Cabai Merah, Cabai Rawit, Tomat, Terong Ungu, Terong Hijau, dan Sawi saat ini tengah dilakukan penyemaian dan rencananya akan dibagikan ke masyarakat, baik itu Kelompok Wanita Tani (KWT) serta masyarakat di lingkungan sekitar.

“Ya, untuk tahun ini ada sekitar 18 ribu bibit sayuran yang saat ini masih dalam penyemaian akan kita bagikan kepada masyarakat, terkhususnya bagi KWT yang ada di Kabupaten BU,” ujarnya.

BACA JUGA:  Waspada Arus Mudik, Ditpamobvit Polda Banten Gelar Pengamanan di Gerbang Tol Serang Timur

Ujang Ismail menambahkan, pembagian bibit ini akan disalurkan dalam dua tahap. Pada tahap pertama, bibit akan dibagikan pada bulan Juli ini sebanyak 13.000 bibit, dan tahap kedua akan dibagikan pada bulan Agustus 2024 mendatang sebanyak 5.000 bibit.

“Ribuan bibit ini akan kita bagikan dalam dua tahap, tahap pertama di bulan Juli ini sebanyak 13.000 bibit, dan sisanya di tahap kedua pada bulan Agustus mendatang,” terangnya.

Lebih lanjut, Ujang Ismail menyampaikan bahwa ini merupakan salah satu upaya pemerintah pusat melalui pemerintah daerah dalam menekan laju inflasi dengan melaksanakan gerakan keluarga mandiri pangan.

BACA JUGA:  Kasus COVID-19 Di Indonesia Paling Terkendali di Asia

Gerakan ini dilakukan dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah dan lahan tidur untuk ditanami tanaman sayuran seperti cabai, tomat, dan sawi yang saat ini menjadi penyumbang inflasi tertinggi di daerah. Diharapkannya, dengan adanya bantuan bibit sayuran ini dapat menekan laju inflasi dengan melaksanakan Gerakan Mandiri Pangan.

BACA JUGA:  Ratusan Potong Kayu Meranti Tanpa Dilengkapi Dokumen Resmi Diamankan Tim Gabungan Polres Kaur

“Tentu kita harapkan dengan adanya bantuan bibit sayuran ini dapat menekan laju inflasi dengan melaksanakan Gerakan Mandiri Pangan dengan memanfaatkan pekarangan rumah dan lahan tidur,” pungkasnya. (Ar1)