Bengkulu UtaraBerita

Menuju Peningkatan Kinerja Keuangan dan Ekonomi Daerah, Pemkab Bengkulu Utara Jalin Kerjasama Dengan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara

143
×

Menuju Peningkatan Kinerja Keuangan dan Ekonomi Daerah, Pemkab Bengkulu Utara Jalin Kerjasama Dengan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara

Sebarkan artikel ini
Menuju Peningkatan Kinerja Keuangan dan Ekonomi Daerah, Pemkab Bengkulu Utara Jalin Kerjasama Dengan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara

Bengkulu Utara – Bupati Bengkulu Utara (BU) Ir.H.Mian melakukan penandatanganan nota kesepakatan yang mengikat antara kantor wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara (PBN) Kanwil Bengkulu. Penandatanganan ini menandai langkah konkret dalam upaya peningkatan kinerja pengelolaan keuangan dan ekonomi Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara, yang dilakukan di ruang pola Setdakab BU pada Kamis (22/2/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati BU menyampaikan rasa terima kasih atas sinergi yang terjalin antara Pemerintah Daerah (Pemda) dengan kantor wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bengkulu. Sinergi ini tercermin dalam pembinaan dan pendampingan yang telah dilakukan terkait penyaluran dana TKDD.

“Pemda telah berupaya keras dalam mempercepat pembangunan sesuai dengan program yang telah disusun. Dalam rangka melaksanakan koordinasi penyaluran kredit program (KUR/UMi) dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Pemda telah menyiapkan infrastruktur yang memadai sehingga diharapkan akan mempermudah proses penyalurannya,” ujar Bupati.

BACA JUGA:  Bupati Bengkulu Utara Lantik 561 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Bidang Kesehatan

Bayu Adi Prasetya, yang mewakili Kementerian Keuangan di Bengkulu, menjelaskan bahwa MoU ini bertujuan untuk memperkuat kolaborasi dan memberikan bantuan arahan terkait kinerja anggaran Pemda dalam memberikan dukungan, baik dalam hal belanja maupun pendapatan.

Ketika Pemda mengalami kesulitan dalam pengelolaan keuangan, maka akan dilakukan pertukaran informasi dan pengalaman terkait kebijakan yang berlaku.

BACA JUGA:  Sukses Menjalankan Tugas, Ketua DPRD Bengkulu Utara Apresiasi Anggot Pasukan Pengibar Bendera

“Dengan MoU ini, Kementerian Keuangan akan memperkuat fungsi inti perbendaharaan di daerah, meningkatkan kualitas dan keberterimaan kajian serta rekomendasi, mengoptimalkan akses terhadap data dan informasi keuangan daerah, serta meningkatkan sinergi dengan pemerintah daerah dan instansi pusat lainnya yang beroperasi di daerah,” papar Bayu Adi Prasetya.

BACA JUGA:  Antisipasi Kenaikan Harga Sembako Menjelang Ramadhan, Kapolsek dan Camat Padang Jaya Sidak ke Pasar Tradisional

Penandatanganan nota kesepakatan ini menegaskan komitmen bersama antara Pemda Kabupaten Bengkulu Utara dengan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara dalam meningkatkan kinerja keuangan dan ekonomi daerah. Sinergi dan kolaborasi antarinstansi menjadi kunci utama dalam mencapai tujuan bersama untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. (AR1)