ArtikelBengkulu UtaraBeritaPendidikan

Mewujudkan Masa Depan Cerah, Bunda PAUD BU Dukung Gerakan Transisi PAUD-SD yang Penuh Kesenangan di Bengkulu Utara

856
×

Mewujudkan Masa Depan Cerah, Bunda PAUD BU Dukung Gerakan Transisi PAUD-SD yang Penuh Kesenangan di Bengkulu Utara

Sebarkan artikel ini
Mewujudkan Masa Depan Cerah, Bunda PAUD BU Dukung Gerakan Transisi PAUD-SD yang Penuh Kesenangan di Bengkulu Utara
Mewujudkan Masa Depan Cerah, Bunda PAUD BU Dukung Gerakan Transisi PAUD-SD yang Penuh Kesenangan di Bengkulu Utara

BENGKULU UTARA – Gerakan transisi dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) yang menyenangkan menjadi sebuah fokus penting yang didukung oleh Bunda PAUD dan Pokja Bunda PAUD sebagai motor penggerak yang efektif dalam mewujudkan program tersebut di Bengkulu Utara.

Dalam upaya untuk menginisiasi dan mendorong kegiatan tersebut, Bunda PAUD, Ny. Hj. Eko Kurnia Ningsih Mian menyelenggarakan sosialisasi mengenai Gerakan Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD, yang diadakan di Aula SKB Arga Makmur pada Rabu 26 Juli 2023.

Transisi dari lingkungan PAUD ke SD merupakan proses penting dalam perjalanan anak sebagai peserta didik, di mana mereka beradaptasi dengan lingkungan belajar yang baru.

BACA JUGA:  Dukung Pendidikan Unggul, Bupati Bengkulu Utara Lantik 256 Guru PPPK

Kesiapan dalam bersekolah haruslah dimulai dengan memastikan setiap anak memiliki dasar pengetahuan yang memadai untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.

“Bergeser dari PAUD ke SD adalah suatu upaya untuk menjamin bahwa setiap anak mendapatkan haknya dalam memiliki kemampuan dasar untuk belajar seumur hidup,” ungkap Bunda PAUD BU.

Selain itu, perlu juga disampaikan bahwa untuk melakukan penyadaran dan perubahan perilaku dari berbagai pihak yang terlibat dalam proses transisi anak dari PAUD ke SD, diperlukan adanya gerakan yang besar dan konstruktif.

BACA JUGA:  Menjelang Akhir Tahun Bupati Bengkulu Utara Lakukan Rotasi Jabatan

Gerakan ini bertujuan untuk memberikan makna yang lebih mendalam dalam penguatan transisi dari PAUD hingga SD sebagai bentuk pemenuhan hak setiap anak, serta mendukung tercapainya target perubahan yang diinginkan.

Dalam sosialisasi Bimtek tersebut, Bunda PAUD BU juga menyoroti pentingnya peran orang tua, guru, dan masyarakat dalam mendukung transisi yang menyenangkan bagi anak-anak.

Semua pihak harus berkolaborasi dengan baik untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi anak-anak sehingga mereka dapat menyesuaikan diri dengan baik ketika memasuki lingkungan SD.

Menyikapi hal ini, Pokja Bunda PAUD hadir sebagai fasilitator untuk membantu memperkuat transisi PAUD-SD yang menyenangkan ini.

Mereka akan berperan aktif dalam memberikan panduan dan dukungan kepada orang tua dan guru dalam menjalankan proses transisi dengan lebih efektif.

BACA JUGA:  Wabup Bengkulu Utara Pimpinan Musrenbangcam RKPD 2025 di Kota Argamakmur

Dalam kesempatan tersebut, Bunda PAUD BU juga mengajak seluruh peserta Bimtek untuk bersama-sama bekerja keras dalam mewujudkan visi dan misi gerakan transisi PAUD-SD yang menyenangkan di Bengkulu Utara.

Keterlibatan aktif dan kolaboratif dari semua pihak diharapkan dapat menciptakan perubahan positif dalam dunia pendidikan di wilayah tersebut.

BACA JUGA:  Semangat Membara  32 Peserta Raimuna Nasional XXI Berangkat ke Jakarta

Dengan semangat dan dedikasi dari Bunda PAUD dan seluruh pihak terkait, diharapkan Gerakan Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan dapat berjalan sukses dan memberikan dampak yang positif bagi masa depan anak-anak di Bengkulu Utara. Semoga generasi penerus bangsa semakin siap menghadapi tantangan global dengan bekal pendidikan yang berkualitas. (AR1)