BeritaLebongPolitik

MoU KPU Lebong dan Polres Lebong Siap Sukseskan Pemilu 2024

4771
×

MoU KPU Lebong dan Polres Lebong Siap Sukseskan Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
MoU KPU Lebong dan Polres Lebong Siap Sukseskan Pemilu 2024
MoU KPU Lebong dan Polres Lebong Siap Sukseskan Pemilu 2024

LEBONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong mengadakan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi untuk memperkuat sinergi dalam menjalankan tugas dan fungsi mereka demi keberhasilan penyelenggaraan pemilihan umum dan pemilihan serentak tahun 2024.

Penandatanganan MoU dilakukan di Ruang Rapat KPU Lebong pada hari Selasa, tanggal 16 Mei 2023.

Selain itu, mereka juga menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait pengamanan pemilu 2024 yang akan berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Perjanjian kerja sama tersebut ditandatangani oleh Ketua KPU Lebong, Shalahuddin Al Khidhr, dan Kapolres Lebong, AKBP Awilzan.

BACA JUGA:  Nekat! Seorang Kakek 72 Tahun di Lebong Terlibat Kasus TPPO

Acara juga dihadiri oleh Komisioner KPU Lebong, Sekretaris KPU Martoni, Kasat Intel Yevi Mulyadi, Kasat Lantas, serta seluruh Polsek yang berada di bawah Polres Lebong.

Ketua KPU Lebong, Shalahuddin Al Khidhr, menyatakan harapannya agar Polres Lebong dapat bekerjasama dengan KPU Lebong dalam mencapai kesuksesan Pemilu Tahun 2024 mendatang.

Melalui nota kesepakatan ini, diharapkan dapat ditingkatkan keamanan dan kelancaran pemilihan serentak di Kabupaten Lebong. KPU Lebong siap untuk berkoordinasi dengan kepolisian dalam setiap tahapan yang akan dilakukan.

BACA JUGA:  Sukses Gelar TMMD Ratusan Prajurit TNI AD Kembali ke Satuan

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Polres Lebong atas penandatanganan MoU ini yang diharapkan dapat meningkatkan keamanan dalam pemilihan serentak, serta atas kerjasamanya selama ini,” ujar Khidhr.

Sementara itu, Kapolres Lebong, AKBP Awilzan, dalam sambutannya menyatakan bahwa sebagai pelaksana pengamanan pemilu, Polres akan mengumpulkan informasi dan melakukan prediksi terhadap setiap potensi kerawanan yang berkaitan dengan keamanan.

Polisi harus mengetahui rencana yang akan dilakukan oleh KPU agar dapat memprediksi potensi kerawanan yang mungkin timbul.

“Dengan adanya MoU ini, kita siap mengamankan jalannya pemilu 2024 mendatang,” kata Kapolres.

Kapolres menekankan kepada jajarannya agar selalu menjaga sinergi dan netralitas dalam mensukseskan pemilu di masa depan.

BACA JUGA:  Polisi Berhasil Gelar Problem Solving Dua Warga Tabeak Blau II Yang Nyaris Adu Jotos

Kapolres juga menyampaikan bahwa menjelang pemilu 2024, terdapat beberapa potensi konflik yang mungkin terjadi, seperti penyebaran informasi hoaks, isu pemilih ganda, dan sebagainya.

Dalam upaya menjaga keamanan dan kelancaran pemilihan umum tahun 2024, KPU Lebong dan Polres Lebong berkomitmen untuk melakukan langkah-langkah konkret.

Salah satunya adalah Kapolres Lebong akan menggali informasi secara menyeluruh dan memprediksi potensi kerawanan yang mungkin terjadi. Dengan begitu, Polres dapat mengambil tindakan pencegahan yang tepat.

BACA JUGA:  Setapak Perubahan Wujudkan Pelayanan Masyarakat Yang Terbaik

Langkah ini bertujuan untuk meminimalisir dampak negatif yang mungkin timbul dan menjaga keamanan serta integritas proses pemilihan umum.

Tak hanya itu, Kapolres Lebong juga menegaskan kepada seluruh jajarannya tentang pentingnya menjaga sinergi dan netralitas dalam menjalankan tugas selama proses pemilu berlangsung.

Netralitas merupakan prinsip yang sangat penting bagi aparat kepolisian untuk memastikan bahwa pemilihan umum berlangsung secara adil dan demokratis.

BACA JUGA:  KPU Kabupaten Kaur Gelar Rapat Pleno Terbuka Pemilu 2024

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Lebong juga menyoroti beberapa potensi konflik yang mungkin timbul menjelang pemilihan umum tahun 2024.

Hal-hal seperti penyebaran informasi hoaks dan isu pemilih ganda dapat menjadi ancaman serius terhadap keamanan dan keberlangsungan pemilihan umum.

BACA JUGA:  Waka II dan Kakom DPRD Hadir Dalam Penutupan Upacara HUT ke-47 Bengkulu Utara

Oleh karena itu, Kapolres Lebong mengajak seluruh pihak untuk meningkatkan kewaspadaan dan saling mendukung dalam menanggulangi permasalahan tersebut.

Kerjasama antara KPU Lebong dan Polres Lebong melalui penandatanganan MoU ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman, tertib, dan kondusif dalam pelaksanaan pemilihan umum tahun 2024. (RD)