AdvertorialBengkulu UtaraBeritaPertanian

Percepat Program Ketahanan Pangan Bupati Bengkulu Utara Audiensi dengan Menteri Pertanian RI

165
×

Percepat Program Ketahanan Pangan Bupati Bengkulu Utara Audiensi dengan Menteri Pertanian RI

Sebarkan artikel ini
Percepat Program Ketahanan Pangan Bupati Bengkulu Utara Audiensi dengan Menteri Pertanian RI
Percepat Program Ketahanan Pangan Bupati Bengkulu Utara Audiensi dengan Menteri Pertanian RI

Bengkulu Utara – Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian, menghadiri audiensi di Kementerian Pertanian RI yang berlangsung dengan baik di Jakarta Selatan pada Senin, 25 Maret 2024. Audiensi tersebut diterima oleh Menteri Pertanian RI, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P.

Kunjungan kerja ini bertujuan untuk berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait dukungan serta sinergi dalam pembangunan sektor peternakan dan pertanian di Kabupaten Bengkulu Utara.

Bupati Mian ditemani oleh beberapa pejabat terkait seperti Kepala Bappelitbangda, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perternakan (DTPHP), Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP), serta Kabid Pengelolaan Informasi Diskominfo Bengkulu Utara.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Mian menekankan bahwa Kabupaten Bengkulu Utara termasuk dalam 10 kabupaten di Provinsi Bengkulu yang memiliki proyek strategis nasional.

Keberhasilan proyek tersebut terutama terlihat dalam kegiatan replanting yang hampir mencapai 10 ribu, yang terintegrasi dengan program SISKA (Sistem Integrasi Sapi dan Kelapa Sawit).

Bupati juga menyampaikan tentang komunikasi antara pemerintah daerah dengan Kementerian PUPR terkait arahan dari Presiden untuk membangun nurseri farming terintegrasi. Hal ini telah terealisasi di Kecamatan Putri Hijau.

BACA JUGA:  Kelangkaan BBM Terjadi di Kota Arga Makmur, Puluhan Masyarakat Terjebak dalam Antrian Panjang di SPBU

“Dalam kesempatan ini, kami berharap mendapat arahan dan bantuan dari Bapak Menteri untuk meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Bengkulu Utara,” ujarnya.

Selanjutnya, Bupati Bengkulu Utara menekankan pentingnya dukungan dari Kementerian Pertanian agar pembangunan nurseri farming terintegrasi dapat terlaksana dengan baik.

Hal ini diharapkan dapat menjadi ikon bagi Bengkulu Utara dalam memenuhi baku cadang stok bibit.

Bupati juga menjelaskan tentang terobosan yang dilakukan, seperti perpanjangan HGU Perusahaan untuk mensplit 98 Hektar untuk Farming terintegrasi, serta 64 Hektar pembibitan Kelapa Sawit yang dikelola oleh Pemda bekerjasama dengan BPDPKS.

BACA JUGA:  Syarifah Inayati: Lulusan PPPK Guru Tahun 2023 di Bengkulu Utara Tidak Bisa Pilih Tempat Tugas

“Dengan harapan, saat pelaksanaan penanaman padi gogo dan panen perdana program replanting sawit di Kabupaten Bengkulu Utara, Bapak Menteri berkenan hadir langsung,” tambahnya.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, menjamin bantuan yang akan diberikan kepada petani di Bengkulu Utara, mulai dari benih unggul bibit padi gogo, hingga prasarana alat mesin pertanian atau alsintan dan mesin pompa air pertanian.

BACA JUGA:  Menuju Peningkatan Kinerja Keuangan dan Ekonomi Daerah, Pemkab Bengkulu Utara Jalin Kerjasama Dengan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara

Selain itu, pemerintah juga telah menyiapkan pompa dan pipa untuk memenuhi kebutuhan air dari sungai-sungai terdekat, sehingga ke depan petani bisa berproduksi setiap hari.

Menteri Pertanian RI juga memberikan apresiasi terhadap upaya yang telah dilakukan oleh Bupati Bengkulu Utara dan jajarannya dalam menjaga ketahanan pangan di wilayah tersebut. (Ar1/Adv)