Bengkulu UtaraBerita

Perkuat Ketahanan Pangan di Bengkulu Utara, Program PAMSIMAS Terintegrasi Hidroponik dan Kolam Ikan Bioflok

357
×

Perkuat Ketahanan Pangan di Bengkulu Utara, Program PAMSIMAS Terintegrasi Hidroponik dan Kolam Ikan Bioflok

Sebarkan artikel ini
Perkuat Ketahanan Pangan di Bengkulu Utara, Program PAMSIMAS Terintegrasi Hidroponik dan Kolam Ikan Bioflok

Bengkulu Utara – Pada hari Kamis, 9 November 2023, Bupati Bengkulu Utara (BU), Ir. H. Mian, bersama Tim Infrastruktur Berbasis Masyarakat, Ir. Novi MT, serta Ketua Balai Pengembangan Infrastruktur Wilayah Provinsi Bengkulu, menyerahkan bantuan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) kepada tujuh desa di Kabupaten Bengkulu Utara. Acara penyerahan bantuan tersebut berlangsung di Desa Karang Pulau, Kecamatan Putri Hijau.

Dalam sambutannya, Bupati BU mengungkapkan bahwa PAMSIMAS adalah sarana yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama dalam hal penyediaan air bersih.

Program PAMSIMAS ini memiliki inovasi yang terintegrasi dengan tanaman sayuran hidroponik dan kolam ikan bioflok.

Bupati BU menyatakan, “Dengan adanya program PAMSIMAS ini, kita dapat mengatasi krisis air bersih, terutama saat cuaca ekstrim seperti El-Nino. Selain itu, program ini juga berkontribusi dalam upaya pencegahan stunting serta meningkatkan nilai ekonomis masyarakat.”

BACA JUGA:  Tiga Pelaku Curanmor Di 13 TKP Ditangkap Anggota Polsek Talo

Lebih lanjut Bupati BU menjelaskan, bahwa ini merupakan pertama kalinya program PAMSIMAS diintegrasikan dengan upaya perkuat ketahanan pangan.

Beliau berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas air ini dengan baik, sehingga masyarakat dapat menikmati manfaat air bersih dan bersedia menjaga dan merawat fasilitas ini.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan program PAMSIMAS ini dengan baik, serta menjaga dan merawat fasilitas ini, karena air merupakan kebutuhan dasar manusia.” Kata Bupati.

Bupati BU juga menegaskan bahwa fasilitas PAMSIMAS ini mencerminkan komitmen Pemerintah Kabupaten BU dalam meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan air bersih dan sanitasi.

BACA JUGA:  Berburu B4bi Warga Kepahiang Ditemukan Mengapung Di Aliran Sungai

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan dengan mengintegrasikan PAMSIMAS, hidroponik, dan kolam ikan bioflok.

Adapun tujuh desa yang menerima bantuan program PAMSIMAS antara lain adalah Desa Karang Pulau, Desa Karang Tengah, Kecamatan Putri Hijau, Desa Pagardin, Kecamatan Ulok Kupai, Desa Lubuk Mindai dan Dusun Raja, Kecamatan Ketahun, serta Desa Gembung Raya dan Kinal Jaya, Kecamatan Napal Putih.

BACA JUGA:  Ternyata Baliho Caleg DPR RI Eko Kurnia Ningsih Dipindahkan Tim Keluarga, Dikarnakan Hal ini

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Tim Infrastruktur Berbasis Masyarakat, Ibu Ir. Novi MT, Ketua Balai Pengembangan Infrastruktur Wilayah Provinsi Bengkulu, Forkopimda BU, Asisten III Setdakab BU, Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkulu Utara, Forkopimda, Kadis DPRKP, Nakertrans, DTPHP, Dinkes, Dinsos, DKP, Camat, kades, Ketua BPD, dan masyarakat penerima manfaat program PAMSIMAS. (AR1)