Bengkulu UtaraBerita

Polres BU Sosialisasi Materi Ujian Praktek SIM Baru Untuk Pengendara Sepeda Motor

573
×

Polres BU Sosialisasi Materi Ujian Praktek SIM Baru Untuk Pengendara Sepeda Motor

Sebarkan artikel ini
Polres BU Sosialisasi Materi Ujian Praktek SIM Baru untuk Kemudahan Pengendara Sepeda Motor

Bengkulu Utara – Pada hari Senin (7/8), lintasan baru ujian praktik untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C atau SIM pengendara sepeda motor mulai diterapkan di seluruh Indonesia.

Menyikapi hal ini, Satuan Lalu Lintas Polres Bengkulu Utara (BU) turut berperan aktif dengan menyosialisasikan Materi Ujian Praktek Penerbitan SIM Baru kepada para pelajar dari berbagai sekolah setingkat SMA dan masyarakat.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres BU, AKP Radian Andy, menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia untuk memastikan masyarakat mengetahui adanya perubahan dalam pembuatan SIM C yang berlaku mulai hari ini.

BACA JUGA:  Kakek 88 Tahun Ditangkap Polisi atas Dugaan Rudapaksa dan Pelecehan Terhadap Cucu Tiri

“Kegiatan sosialisasi ini kami lakukan agar masyarakat mengetahui bahwa dalam Pembuatan SIM C terdapat materi ujian praktik SIM terbaru yang telah diterapkan secara serentak di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Dalam penjelasannya, AKP Radian Andy menjelaskan perbedaan antara materi ujian praktik SIM baru dengan yang sebelumnya. Beberapa item yang sebelumnya ada, seperti zig-zag dan belokan membentuk angka delapan, telah dihapus dari materi ujian praktik SIM yang baru.

“Dalam materi ujian praktik SIM terbaru ini, beberapa item seperti zig-zag dan belokan membentuk angka delapan telah dihilangkan, sehingga kini tinggal empat item ujian yang diujikan, yaitu ujian keseimbangan atau pengereman, kelokan U dan S, serta uji reaksi,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Pemuda Giri Mulya Ini H4m*li Tiga G4d1s Sekaligus

Perubahan dalam materi ujian praktik SIM ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi para calon pengendara sepeda motor dalam mengikuti ujian dan memperoleh SIM C.

Dengan menghilangkan beberapa item yang sebelumnya dianggap sulit, calon pengendara dapat lebih mudah dan cepat memperoleh SIM tanpa mengurangi aspek keselamatan dan kemampuan berkendara yang diperlukan.

Kepolisian Resort Bengkulu Utara juga menekankan pentingnya keselamatan berkendara bagi para pemegang SIM baru. Ujian praktik yang diujikan tetap mencakup aspek keselamatan berlalu lintas dan pengetahuan tentang aturan-aturan yang berlaku.

BACA JUGA:  Temukan Pelanggaran Lalu lintas, Polres Benteng Berikan Teguran Simpatik

Masyarakat diharapkan untuk memanfaatkan sosialisasi ini dengan baik dan mempersiapkan diri dengan matang sebelum mengikuti ujian praktik SIM. Dengan pengetahuan yang memadai, calon pengendara dapat lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi ujian serta berkendara secara bertanggung jawab di jalan raya.

Dalam sosialisasi ini, Polres BU berupaya memberikan informasi yang jelas dan mudah dipahami oleh masyarakat, sehingga pemahaman tentang perubahan materi ujian praktik SIM dapat diserap dengan baik.

BACA JUGA:  Mulai Hari Ini Ops Zebra Nala 2022 Resmi Digelar

Semoga dengan adanya sosialisasi ini, angka kelulusan ujian praktik SIM dapat meningkat, dan para pengendara di Bengkulu Utara dapat menjadi pengguna jalan yang lebih baik dan aman. Selamat mengemudi dengan SIM baru. (AR1)