Bengkulu UtaraBeritaKorupsi

Warga Laporkan Kades Suka Merindu Ke Kejaksaan Negeri Bengkulu Utara Terkait CSR Perusahaan

1033
×

Warga Laporkan Kades Suka Merindu Ke Kejaksaan Negeri Bengkulu Utara Terkait CSR Perusahaan

Sebarkan artikel ini
Warga Laporkan Kades Suka Merindu Ke Kejaksaan Negeri Bengkulu Utara
Warga Laporkan Kades Suka Merindu Ke Kejaksaan Negeri Bengkulu Utara

Bengkulu Utara – Kepala Desa (Kades) Suka Merindu, Kecamatan Marga Sakti Sebelat dilaporkan warga desa setempat ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu Utara. Rabu (13/12/2023).

Hasil pantauan media dilapangan, Laporan yang dilayangkan warga ke korps Adhyaksa terkait dengan dugaan korupsi pengelolaan keuangan kebun kas desa dan retribusi/donasi serta dana CSR dari pihak perusahaan.

“Ada beberapa poin dalam laporan dugaan korupsi yang dilakukan Kades Suka Merindu yang kami laporkan ke Kejari Bengkulu Utara ini. Salah satunya pengelolaan keuangan kebun kas desa,” ujar Bustami.

Bustami menjelaskan, tidak sedikit kontribusi yang diberikan pihak perusahaan untuk Desa Suka Merindu. Namun, pengelolaan keuangan untuk kemakmuran dan kemajuan desa hanya dijadikan bancakan oleh Kades.

BACA JUGA:  Dugaan Pungli Oleh Oknum Kepala Desa Tanjung Karet, Kepala Inspektorat Segera Bertindak

“Tidak hanya tentang kebun kas desa saja yang kami laporkan, terkait dana CSR sejak tahun 2016 hingga sekarang juga kami tuangkan dalam laporan,” ujar Bustami.

Senada disampaikan, Iskandar, tidak hanya pengelolaan keuangan kebun kas desa dan dana CSR yang dikelola kades tidak transparan kepada masyarakat. Seperti halnya uang donasi yang diterima Kepala Desa.

“Seperti retribusi dari PT Selamat Jaya terhitung sejak November 2022 hingga Desember 2023 tidak ada kejelasannya. Termasuk juga uang limbah perusahaan PT Kaltim Global Tahun 2017,” beber Iskandar.

BACA JUGA:  Usut Dugaan Korupsi Dana BOK, Jaksa Geledah Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kaur

Menanggapi laporan warga Desa Suka Merindu, Kepala Kejaksaan Negeri Bengkulu Utara,  Pradhana Probo Setyarjo, SE, SH, MH melalui Kepala Seksi Intelijen, Ekke Widoto Khahar, SH, MH membenarkan bahwa adanya laporan dari masyarakat Desa Suka Merindu.

BACA JUGA:  Jaksa Dalami Indikasi Kecurangan Seleksi P3K Di Kabupaten Lebong

“Terkait adanya laporan dari masyarakat, kami akan menindaklanjuti laporan tersebut. Adapun di dalam laporan itu adanya unsur melawan hukum, atau dugaan korupsinya itu nantinya tim yang akan menelaahnya,” tandas Kasi Intel. (AR1)