Bengkulu UtaraBerita

Karya Bakti Kodim 0423 BU Menyambut Hari Juang TNI AD ke-78 Tahun 2023, Ini Kata Kasdim

364
×

Karya Bakti Kodim 0423 BU Menyambut Hari Juang TNI AD ke-78 Tahun 2023, Ini Kata Kasdim

Sebarkan artikel ini
Karya Bakti Kodim 0423 BU Menyambut Hari Juang TNI AD ke-78 Tahun 2023

Bengkulu Utara – Dalam rangka menyambut Hari Juang TNI AD ke-78, Kodim 0423/BU menggelar kegiatan Karya Bakti berupa penanaman pohon dan pembersihan pasar. Kegiatan ini bertempat di Wilayah Koramil 423-05/Kerkap dan Koramil 423-02/Arma dengan melibatkan berbagai pihak terkait seperti Polri, Pemerintah Daerah dan Kecamatan, Pemerintah Desa, Ormas, dan masyarakat setempat. Kamis, 14 Desember 2023.

Penanaman pohon dilaksanakan di Desa Penyangkak, Kecamatan Kerkap, sementara pembersihan pasar berlangsung di Pasar Kel Purwodadi, Kecamatan Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara. Kegiatan ini merupakan upaya konkret untuk memperhatikan lingkungan sekitar dan dilakukan pada momentum peringatan Hari Juang TNI AD ke-78.

Mayor Kav Cinta Harmedi selaku Kasdim 0423/BU yang mewakili Dandim menyatakan bahwa kegiatan penghijauan ini bertujuan untuk mencegah erosi di sepanjang tepian sungai yang dapat menyebabkan banjir.

BACA JUGA:  Terpilih Secara Aklamasi "Deston Nusantara" Resmi Nahkodai KONI Lebong Periode 2022-2026

Oleh karena itu, stakeholder terlibat secara aktif dalam menanam pohon di sekitar sungai sebagai langkah preventif.

“Kegiatan ini juga menjadi momentum penting bagi kita untuk lebih peduli dan melestarikan lingkungan,” ungkap Mayor Kav Cinta Harmedi.

Selain itu, Kasdim juga memberikan pesan kepada masyarakat agar lebih proaktif dalam menjaga kelestarian alam di sekitarnya dengan tidak melakukan penebangan pohon secara sembarangan dan membuang sampah dengan tidak tepat.

Tujuan dari kegiatan penanaman pohon dan pembersihan pasar ini adalah untuk menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman, dan hijau.

BACA JUGA:  Sukses Gelar TMMD Ratusan Prajurit TNI AD Kembali ke Satuan

“Kami berharap melalui kegiatan ini, lingkungan sekitar dapat menjadi tempat yang lebih sejuk dan asri,” tambah Kasdim.

Dalam pelaksanaan Karya Bakti ini, terlihat antusiasme yang tinggi dari masyarakat yang turut serta dalam kegiatan yang diprakarsai oleh Babinsa, baik saat penanaman pohon maupun pembersihan pasar di Pasar Purwodadi.

Salah satu warga sekitar, Bapak Karno (50 tahun), menyampaikan terima kasih kepada Kodim 0423 Bengkulu Utara yang telah turut serta aktif dalam kegiatan penanaman pohon di sepanjang sungai Desa Penyangkak.

BACA JUGA:  Serentak se-Indonesia, SMSI Gelar Baksos Donor Darah dalam Rangka HUT Ke-7

“Kehadiran Kodim 0423 di tengah-tengah masyarakat kami sangat diapresiasi,” ujar Pak Karno dengan rasa syukur.

Jenis-jenis pohon yang ditanam antara lain adalah Pohon Ketapang, Alpukat, Jengkol, dan Pentai, sebagai langkah nyata dalam upaya pelestarian lingkungan.

Diharapkan, semangat dalam menjaga lingkungan serta kerja sama dari berbagai pihak akan terus menjadi pondasi dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan demi masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang. (AR1)