Bengkulu UtaraBeritaKesehatanPeristiwa

Langkah Preventif Menanggulangi Bencana dan Wabah Penyakit, Kodim 0423/BU Laksanakan Pembersihan Pasar

275
×

Langkah Preventif Menanggulangi Bencana dan Wabah Penyakit, Kodim 0423/BU Laksanakan Pembersihan Pasar

Sebarkan artikel ini
Langkah Preventif Menanggulangi Bencana dan Wabah Penyakit, Kodim 0423/BU Laksanakan Pembersihan Pasar
Langkah Preventif Menanggulangi Bencana dan Wabah Penyakit, Kodim 0423/BU Laksanakan Pembersihan Pasar

Bengkulu Utara – Dalam rangka peringatan HUT ke-78 Kodam II/Swj, Kodim 0423/BU melaksanakan program karya bakti dengan fokus pada pembersihan pasar rakyat. Program ini tidak hanya sekadar kegiatan rutin, tetapi juga sebuah langkah preventif dalam menanggulangi bencana banjir dan potensi wabah penyakit di Kabupaten Bengkulu Utara yang umumnya terjadi saat musim hujan.

Kerjasama yang harmonis antara Kodim 0423/BU dengan berbagai pihak terkait, seperti Pemerintah Kabupaten, Polres, Pemerintah Desa, Organisasi Kemasyarakatan, Siswa, dan Masyarakat, telah menghasilkan aksi bersih-bersih di dua lokasi pasar tradisional utama.

Kegiatan ini diawali dengan pembersihan di lingkungan Pasar Purwodadi, Kecamatan Arga Makmur, dilanjutkan dengan upaya serupa di lingkungan Pasar KTM Lagita D1, Kecamatan Ketahun, Kabupaten Bengkulu Utara.

BACA JUGA:  Organisasi Lain Diminta Tidak Ikut Campur Urusan Pers, Ketua SMSI: Kami Sudah Diatur Oleh UU Pers dan Keputusan Dewan Pers

Proses pembersihan pasar ini melibatkan sejumlah tindakan, seperti pengerukan sampah, pembuangan sampah, pembersihan saluran air, serta penataan lahan dengan memangkas rumput liar dan menutup genangan air yang rentan menjadi tempat berkembang biaknya penyakit.

Dalam upaya memastikan dampak positif dari kegiatan ini, Dandim 0423/Bengkulu Utara, Letkol. Kav. Aidil Hajri, M.Han, menyampaikan bahwa kebersihan lingkungan pasar dapat meminimalisir risiko banjir dan penyebaran penyakit seperti DBD atau penyakit kulit, terutama saat musim penghujan tiba.

Melalui pernyataannya pada saat kegiatan pembersihan di Pasar KTM Lagita Ketahun pada tanggal 7 Desember 2023, beliau berharap bahwa upaya bersama ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

BACA JUGA:  Demi Pelayanan Prima, Segenap Karyawan Perumda Unit Ketahun Tengah Menguras Sumur Intek

Aidil Hajri menegaskan, bahwa program karya bakti ini bukan hanya sebagai kegiatan sekali saja, melainkan akan dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan di berbagai lokasi yang memerlukan perhatian serupa.

Sinergi antara semua pihak terlibat diharapkan dapat terus dijaga guna mengidentifikasi titik rawan serta mengambil langkah antisipatif terhadap ancaman bencana banjir dan wabah penyakit saat musim hujan.

Dalam responsnya, Sigit Yulianto, seorang warga setempat, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kegiatan pembersihan pasar yang dilakukan oleh anggota TNI dan pihak terkait.

BACA JUGA:  Wakil Ketua 1 DPRD Bengkulu Utara Menduga Pemanggilan 30 Anggota Dewan Terkait SPPD Fiktif THL

Ia menyatakan bahwa kegiatan ini menjadi motivasi bagi masyarakat setempat untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan, khususnya di pasar yang rentan menjadi tempat munculnya wabah penyakit saat musim hujan.

Sementara itu, Camat Ketahun, Nasri, mengapresiasi inisiatif Kodim 0423/BU dalam menggerakkan kegiatan karya bakti pembersihan lingkungan pasar.

Nasri menyatakan kesiapannya untuk secara berkelanjutan melanjutkan program ini dengan dukungan dari TNI, Polri, para stakeholder, dan masyarakat setempat.

BACA JUGA:  Pemkab BU Gelar Rakor TPID Evaluasi dan Koordinasi Penanganan Inflasi Daerah

Ia juga menegaskan komitmennya untuk menjadwalkan kegiatan pembersihan pasar minimal satu kali setiap bulan.

Kegiatan bersih-bersih pasar yang dilakukan Kodim 0423/BU tidak hanya sekadar aksi nyata dalam menjaga kebersihan lingkungan, tetapi juga menjadi contoh inspiratif bagi masyarakat dalam upaya pencegahan bencana dan wabah penyakit.

Diharapkan, semangat kolaborasi dan kepedulian ini terus membara dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi Kabupaten Bengkulu Utara. (AR1)