Bengkulu UtaraBeritaPendidikan

Mahasiswa Administrasi Publik Universitas Bengkulu Wujudkan Solidaritas dan Kontribusi Positif Membentuk Taman Publik 2023

445
×

Mahasiswa Administrasi Publik Universitas Bengkulu Wujudkan Solidaritas dan Kontribusi Positif Membentuk Taman Publik 2023

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa Administrasi Publik Universitas Bengkulu Wujudkan Solidaritas dan Kontribusi Positif Membentuk Taman Publik 2023
Mahasiswa Administrasi Publik Universitas Bengkulu Wujudkan Solidaritas dan Kontribusi Positif Membentuk Taman Publik 2023

Bengkulu Utara – Mahasiswa jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat yang diberi nama “Taman Publik 2023.” Pada Sabtu, 30 Sepetember 2023.

Kegiatan ini berlangsung di SDN 083 Bengkulu Utara, Desa Arga Mulya, Padang Jaya. Sebanyak 81 mahasiswa aktif terlibat dalam kegiatan ini yang mengusung tema “Membentuk Mahasiswa Administrasi Publik yang Berjiwa Solidaritas Serta Mampu Berkontribusi dalam Masyarakat.”

Taman Publik 2023 bukan hanya sekadar penyambutan mahasiswa baru, tetapi juga sebagai upaya untuk memperkenalkan kehidupan kampus, khususnya dalam konteks program studi Administrasi Publik.

BACA JUGA:  Ketua DPRD Sonti Bakara Pimpin Rapat Paripurna Peringati Hut Ke-47 Kabupaten Bengkulu Utara, Bersatu untuk Kemajuan Bengkulu Utara

Ihsan Dzakirah Lubis selaku Ketua Panitia acara, menjelaskan bahwa fokus utama kegiatan ini adalah membentuk karakter yang berintegritas serta meningkatkan solidaritas mahasiswa baru.

“Saat ini, kami berusaha menanamkan sikap dan sifat positif dalam kehidupan bermasyarakat dan berorganisasi melalui penelitian dan serangkaian kegiatan yang telah kami sepakati bersama untuk membentuk karakter yang lebih baik,” ujar Ihsan.

Salah satu kegiatan unggulan yang melekat dalam acara ini adalah Partisipatory Rural Apprisial (PRA).

Ihsan menjelaskan bahwa PRA merupakan pendekatan dan metode yang memungkinkan masyarakat dan mahasiswa untuk bersama-sama menganalisis masalah kehidupan bermasyarakat.

BACA JUGA:  Acara 2 Stroke se-Provinsi Bengkulu Diselenggarakan di Wilayah Kota Arga Makmur

Hal ini bertujuan untuk merumuskan perencanaan dan kebijakan pembangunan daerah yang nyata dan relevan.

Selama kegiatan Taman Publik 2023, mahasiswa melakukan wawancara dan penelitian bersama dengan Perangkat Desa setempat untuk berdiskusi.

Tujuannya adalah untuk memahami lebih dalam tantangan dan potensi yang dimiliki oleh masyarakat Desa Arga Mulya.

“Kami berharap apa yang telah kami lakukan dapat memberikan dampak positif bagi sekolah SDN 083 dan masyarakat Desa Arga Mulya,” ujar Ihsan dengan penuh semangat.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 083 Bengkulu Utara, Wahyudi S.Pd Gr, menyampaikan ucapan terima kasih kepada dewan guru, komite, dan wali murid SDN 083 yang telah berperan serta dalam mempersiapkan dan memfasilitasi kegiatan Taman Publik 2023 yang berlangsung di sekolah mereka.

BACA JUGA:  Dua Pelaku Pencurian Dengan Pemberatan Berhasil Ditangkap Tim Elang Bermani

“Dengan kerjasama dari dewan guru, komite sekolah, dan wali murid, persiapan dalam memfasilitasi kegiatan Taman Publik 2023 berjalan dengan baik,” kata Wahyudi.

Wahyudi juga menyampaikan harapannya bahwa kegiatan ini dapat menjadi awal dari hubungan yang baik antara SDN 083 Bengkulu Utara dengan Universitas Bengkulu.

BACA JUGA:  Dinas Kesehatan BU Canangkan Gebyar Sehat Bersama Kepada Masyarakat Bengkulu Utara

Selain itu, ia berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi siswa dan siswi SDN 083 Bengkulu Utara serta masyarakat Desa Arga Mulya.

“Semoga ini menjadi awal yang baik bagi SDN 083 Bengkulu Utara dan berdampak positif bagi sekolah,” tutup Wahyudi dengan harapan besar. (AR1)