AdvertorialBeritaKaur

Peringatan HKG PKK Ke-51, Tim Penggerak PKK Kabupaten Kaur Maraih Tiga Piala Sekaligus

1292
×

Peringatan HKG PKK Ke-51, Tim Penggerak PKK Kabupaten Kaur Maraih Tiga Piala Sekaligus

Sebarkan artikel ini

KAUR – Puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-51 Tingkat Provinsi Bengkulu Tahun 2023, TP PKK Kabupaten Kaur berhasil menyabet juara pada 3 kategori lomba, di antaranya Juara I Kategori Pelaksanaan Terbaik Tertib Administrasi Sekretariatan, Juara I Bidang Pokja I (Kategori Pelaksanaan Terbaik Program Prioritas Pokja I (PAREDI), dan Juara III Bidang Sekretariat, Kategori Pelaksanaan Terbaik Tertib Administrasi Dasawisama.”

Kegiatan yang dipusatkan di Grage Horizon Hotel Bengkulu, Rabu (31/5/2023), selain dihadiri oleh Gubernur Bengkulu H. Rohidin Mersyah bersama Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu Ny. Derta Wahyulin Rohidin, juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kaur Herliam Muchrim bersama Wakil Ketua I Ny. Febriana T.S Herlian didampingi Pengurus TP PKK Kabupaten Kaur.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Bengkulu Ny. Derta Wahyulin Rohidin mengatakan momentum Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-51 Tingkat Provinsi Bengkulu Tahun 2023 membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dan krida gerakan PKK.

“HKG senantiasa menjadi energi untuk bergerak bersama, menuju keluarga sejahtera dan tangguh wujudkan Indonesia tumbuh,” ujar Derta saat memberikan sambutan.

Lebih lanjut, tim penggerak PKK sebagai mitra pemerintah haruslah mampu menjadi pelopor dan pembaharu yang inspiratif. Dengan pola pendekatan pemberdayaan keluarga dan pergerakan peran serta masyarakat.

“Memperhatikan posisi dan peran strategis gerakan PKK, maka TP PKK berkewajiban untuk secara konsisten mengiringi dan mendukung garis kebijakan program pemerintah. Sasaran pencapaian program pemerintah perlu kita dorong melalui peran nyata gerakan PKK sebagai gerakan dalam pembangunan yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga dan masyarakat yang sejahtera,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu H. Rohidin Mersyah mengungkapkan bahwa dukungan dan sinergi pemerintah dengan PKK perlu dioptimalkan, dan program yang dirancang juga harus berkesinambungan, seperti dalam penanganan stunting.

BACA JUGA:  PRESIDEN: Media Arus Utama Harus Mampu Pertahankan Kebenaran

“Stunting merupakan suatu masalah yang sangat sistematis, dan tidak dapat diselesaikan sendiri, oleh karena itu PKK hadir untuk membantu pemerintah mengatasi masalah stunting, memberikan edukasi penanganan stunting mulai dari akarnya,” ucap Gubernur yang juga sebagai pembina PKK Provinsi Bengkulu.

Kemudian, terkait permasalahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang juga dikombinasikan dengan kekerasan terhadap perempuan dan anak, hal ini perlu mendapatkan perhatian bersama.

“Dalam dua aspek permasalahan (TPPO dan kekerasan terhadap perempuan dan anak), PKK dan organisasi-organisasi perempuan diharapkan untuk lebih fokus, melakukan pendampingan, dan memberikan edukasi sehingga hal-hal seperti ini tidak lagi terjadi,” ungkap Gubernur.

Terakhir, agenda 2024 terkait pemilu dan pilkada serentak diharapkan para ibu-ibu dan kaum perempuan menjadi pengawal agar pemilu dan pilkada serentak bisa berjalan secara demokratis dan jujur, sehingga menghasilkan pergantian pemimpin yang produktif.

“Peran perempuan sangat penting dalam mengawal demokrasi yang jujur dan adil, sehingga menghasilkan pemimpin yang berkualitas,” tutup Gubernur.

Terpisah, Wakil Ketua 1 TP PKK Kabupaten Kaur Ny. Febriana T.S Herlian saat dikonfirmasi mengatakan prestasi yang dicapai oleh TP PKK Kabupaten Kaur tidak boleh membuat kita terlena. Prestasi yang diraih harus dijadikan sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik di masa depan.

“Prestasi yang diraih ini adalah sebuah motivasi untuk menjadi lebih baik lagi di masa depan, karena ada beberapa kategori yang belum kita dapatkan nominasinya, semoga ke depan kita bisa lebih baik lagi,” kata Ny. Febriana.

(Irlis)