Bengkulu UtaraBeritaPertanian

Mengatasi Kerawanan Dampak El Nino, Bupati Bengkulu Utara Salurkan Bantuan Pangan

266
×

Mengatasi Kerawanan Dampak El Nino, Bupati Bengkulu Utara Salurkan Bantuan Pangan

Sebarkan artikel ini
Mengatasi Kerawanan Dampak El Nino, Bupati Bengkulu Utara Salurkan Bantuan Pangan
Mengatasi Kerawanan Dampak El Nino, Bupati Bengkulu Utara Salurkan Bantuan Pangan

Bengkulu Utara – Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian, melakukan penyaluran bantuan pangan sebagai upaya dalam mengatasi kerawanan pangan akibat dampak El Nino yang melanda daerah itu.

Acara penyaluran bantuan pangan ini merupakan bagian dari program intervensi pengendalian kerawanan pangan tahun 2023 di Kecamatan Padang Jaya.

Sebanyak 983 penerima manfaat dari 7 desa menerima bantuan ini, sambil juga dilakukan penyaluran bantuan bedah rumah oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Bengkulu Utara pada Selasa (07/11/2023).

BACA JUGA:  Dandim 0423 BU Lounching Program Unggulan Kodam II Sriwijaya "Dapur Masuk Sekolah"

Dalam sambutannya, Bupati Bengkulu Utara menyampaikan bahwa penyaluran bantuan kerawanan pangan ini adalah tindakan nyata pemerintah daerah dalam merespons kondisi cuaca ekstrem, yakni kemarau panjang yang telah berdampak signifikan pada sektor pertanian dan perekonomian masyarakat di Bengkulu Utara.

Bupati Mian menyatakan, “Setelah lebih dari lima bulan menghadapi musim kemarau yang panjang, banyak petani di daerah kita mengalami gagal panen dan kesulitan akibat kekeringan yang memengaruhi kolam-kolam ikan dan sebagainya. Oleh karena itu, penyaluran bantuan ini adalah bentuk perhatian dan dukungan pemerintah kepada masyarakat kami.”

BACA JUGA:  Polisi Berhasil Menangkap 13 Pelaku Curanmor dan Mengamankan 20 Unit Sepeda Motor Hasil Kejahatan

Selanjutnya, Bupati Bengkulu Utara menambahkan bahwa kegiatan ini adalah kloter pertama penyaluran bantuan pangan dan bedah rumah, yang mencakup tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Batiknau, Pinang Raya, dan Padang Jaya.

Setelah ini, pemerintah daerah berencana untuk mengajukan permohonan lebih lanjut kepada pemerintah pusat untuk melanjutkan penyaluran bantuan di kecamatan lainnya.

BACA JUGA:  Sepanjang Tahun 2023 Ada Sebanyak 6 Kasus Mencolok Di Bengkulu Utara

“Ini merupakan kloter pertama yang mencakup tiga kecamatan, dan kami berencana untuk melanjutkan penyaluran bantuan ini ke kecamatan-kecamatan lainnya dengan harapan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan,” tambahnya.

BACA JUGA:  Pulang Dari Kejurnas Karate, Bus Rombongan Atlet Karate Shokaido Alami Kecelakaan

Dalam kegiatan ini, turut hadir Asisten III Setdakab Bengkulu Utara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Utara, Kepala Bappelitbangda Bengkulu Utara, Ketua BAZNAS Bengkulu Utara, Camat Padang Jaya, Kepala Desa Sido Mukti, serta perwakilan Forum Koordinasi Kepala Desa Kecamatan Padang Jaya, serta seluruh penerima manfaat yang menerima bantuan tersebut. (AR1)